Beranda » Nostalgia » Ini Dia, BGM dari Acara Anda Meminta Kami Memutar (AMKM) di Radio Sonora Era 90an-2000an

Ini Dia, BGM dari Acara Anda Meminta Kami Memutar (AMKM) di Radio Sonora Era 90an-2000an

Ilustrasi Radio Jadul/Vintage

Sebelum saya membahas tulisan ini lebih jauh, perlu digarisbawahi bahwa bahasan dari acara (Anda Meminta Kami Memutar (AMKM) ini dibatasi hanya mulai dari tahun 90an hingga pertengahan 2000an saja.

Seputar Acara Anda Meminta Kami Memutar (AMKM)

Acara “Anda Meminta Kami Memutar” atau AMKM merupakan salah satu acara yang paling ditunggu oleh para pendengar setia Radio Sonora. Pada acara tersebut, para pendengar bisa melakukan permintaan atau request lagu yang ingin diputar secara langsung, baik kepada rekan, teman, saudara dan siapapun itu.

Dikutip dari arsip situs Radio Sonora melalui media Internet Archive: Wayback Machine (web.archive.org), acara AMKM di era tahun 90an hingga tahun 2000an disiarkan selama empat kali dalam satu hari dengan masing-masing durasi selama 1 jam. Acara AMKM ini disiarkan pada beberapa waktu berikut:
1. AMKM I (pukul 10.00 – 11.00 WIB)
2. AMKM II (pukul 13.00 – 14.00 WIB)
3. AMKM III (pukul 15.00 – 16.00 WIB)
4. AMKM Malam (pukul 21.00 – 22.00 WIB)

Dari sumber yang diperoleh, diketahui bahwa pada masa itu pendengar dapat melakukan permintaan (request) lagu melalui kartu pos, e-mail dan sambungan telepon. Adapun dalam satu segmen acara, lagu yang diputar adalah sejumlah sembilan (9) lagu yang terdiri dari tujuh (7) lagu barat dan dua (2) lagu Indonesia.

Pada tahun 2000an (sekitar tahun 2001 hingga 2006) ketika saya masih SD, salah satu radio yang sering saya dengar adalah Radio Sonora. Kebetulan karena di tempat saya saat itu, Radio Sonora merupakan salah satu radio yang jangkauan dan tangkapan siarannya sangat jelas. Pada awalnya Radio Sonora berada di frekuensi 100,9 FM. Kemudian dilakukan pengalihan frekuensi di beberapa radio oleh Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi (Dirjen Postel) yang saat itu masih dibawah Departemen Perhubungan yang efektif berlaku sejak tanggal 3 Mei 2004. Sejak tanggal tersebut, Radio Sonora berada di frekuensi 92.00 FM hingga saat ini.

BGM yang Dipakai pada Acara AMKM

Saat masih sering mendengarkan Radio Sonora, acara yang paling sering saya dengarkan adalah acara AMKM ini. Adapun salah satu hal yang menurut saya paling ikonik dan menjadi ciri khas dari acara AMKM ini adalah terletak pada background music (BGM) yang diputar saat acara dimulai dan saat acara berakhir. Tapi di tahun 2000an, belum ada yang namanya aplikasi yang bisa mendeteksi sebuah lagu atau musik berdasarkan suara yang dihasilkan seperti aplikasi Shazam. Sehingga sangat sulit untuk mengetahui judul lagu tersebut, terlebih jika lagu tersebut adalah lagu instrumental yang sering dijadikan sebagai BGM dari suatu acara atau iklan. Termasuk salah satunya ya lagu BGM yang dipakai di acara AMKM ini.

Waktu saya masih kuliah dulu, saya pernah iseng-iseng mencari beberapa lagu instrumental di YouTube. Namun saat itu HP saya masih belum support untuk aplikasi Shazam. Sehingga pencarian lagu tersebut saya lakukan secara acak dan dengan menggunakan perkiraan yang sekiranya bisa meleset dari yang sebenarnya. Suatu hari, saya tengah mencari beberapa lagu instrumental di YouTube dan secara mengejutkan akhirnya saya menemukan video dari sebuah lagu yang menjawab pertanyaan saya terkait BGM yang dipakai pada acara AMKM di Radio Sonora. Berikut di bawah ini adalah video yang saya dimaksud.

Sumber: YouTube (soejoso)

Yap, lagu tersebut adalah lagu yang digunakan dan dijadikan sebagai BGM saat pembukaan dan penutup dari acara AMKM di Radio Sonora di era 90an hingga 2000an. Lagu tersebut berjudul Meet Mr Callaghan yang dipopulerkan oleh Les Paul & Mary Ford. Jujur saja saat saya menemukan video tersebut rasanya seperti menemukan harta karun yang sudah terpendam lama.

Dokumentasi Lainnya Terkait Acara AMKM

Sebagai referensi tambahan, berikut adalah salah satu arsip video dari channel YouTube The Lens yang direkam pada tanggal 15 Mei 1998, saat terjadi peristiwa Kerusuhan Mei 1998 di kota Jakarta, atau tiga hari setelah tragedi Trisakti. Pada video ini di detik ke 0:40 – 1:10, lagu BGM berjudul Meet Mr Callaghan ini diputar di salah satu acara yang disiarkan di Radio Sonora.

Sumber: YouTube (The Lens)

Pada video lain dari channel yang sama, pada detik ke 1:32 – 2:11, lagu BGM berjudul Meet Mr Callaghan ini juga diputar di salah satu acara yang disiarkan di Radio Sonora. Namun lagu tersebut diputar bukan pada acara AMKM, melainkan pada acara Kontak Pendengar. Sepemahaman saya, lagu BGM tersebut biasanya dimainkan saat acara AMKM.

Sumber: YouTube (The Lens)

Nah, itulah cerita saya mengenai salah satu lagu BGM yang paling legendaris di Radio Sonora. Memang harus diakui kalau lagu BGM berjudul Meet Mr Callaghan ini bisa dibilang sebagai ikon dan ciri khas dari acara AMKM yang disiarkan di Radio Sonora di era 90an hingga 2000an. Namun sejak tahun 2006, saya sudah jarang mendengarkan Radio Sonora lagi sehingga saya kurang tahu banyak soal acara yang disiarkan di radio tersebut.

Referensi

https://web.archive.org/web/19991111172807/http://www.sonora.co.id/acara2.html#amkm (Arsip tahun 1999)
https://web.archive.org/web/20050315014544/http://www.sonora.co.id/senin.htm (Arsip tahun 2005)
https://denysetia.files.wordpress.com/2011/09/kepdirjen-15a-2004-peralihan-fm.pdf
Vintage photo created by freepik – www.freepik.com

About Author

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top