Beranda » Nostalgia » Iklan Seram Jadul Tahun 90an-2000an

Iklan Seram Jadul Tahun 90an-2000an

Iklan Seram Jadul Tahun 90an-2000an

Iklan yang bertemakan seram atau horor bisa dibilang menjadi salah satu genre baru dari iklan yang tayang di tahun 90an, alias jaman jadul dahulu. Sadar atau tidak, saat kita masih kecil dulu pasti sering menyaksikan iklan di TV dan beberapa diantaranya dianggap menyeramkan bagi anak kecil, walaupun bisa jadi bagi orang dewasa iklan tersebut terlihat biasa-biasa saja. Karena saat kita berusia usia anak-anak (3-12 tahun) masih dalam proses pembelajaran, explore hal-hal baru dan masih banyak lagi. Dan tayangan yang pernah kita saksikan di TV dulu bisa jadi juga ikut mempengaruhi secara psikologis bagi anak-anak, tak terkecuali tayangan iklan yang ditayangkan.

Membuat iklan yang kreatif dan menarik memang menjadi salah satu upaya agar produk atau brand-nya terkenal dan di-recognized oleh masyarakat luas. Namun ada juga yang membuat iklan dengan tema dan konsep yang tidak biasa, salah satunya dengan iklan yang bertemakan horor, menyeramkan atau dark yang bisa dibilang anti-mainstream.

Berikut adalah beberapa kumpulan iklan seram jadul yang pernah tayang di TV sekitar tahun 90an hingga 2000an yang bisa buat bulu kuduk kalian berdiri. Yang dimaksud iklan seram dalam tulisan ini tidak melulu ada hantu, setan atau penampakan dalam iklannya, tapi bisa juga iklan tersebut memiliki ambience yang terkesan menyeramkan, baik dari segi audio maupun visual. Mungkin beberapa dari kalian pasti ada yang pernah melihat iklan berikut.

Perlu diperhatikan bahwa tulisan ini bersifat subjektif, sehingga bisa jadi bagi beberapa orang iklan berikut tidak terkesan menyeramkan bagi beberapa orang.

1. Iklan Essenza (sekitar tahun 1992-2002 (perkiraan))

Sumber: YouTube (bangpreman)

Iklan Essenza merupakan salah satu iklan jadul terseram di era 90an yang paling banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Essenza sendiri merupakan produk keramik yang diproduksi oleh salah satu perusahaan swasta di Indonesia.

Adapun iklan ini bisa dianggap menyeramkan bagi anak-anak 90an karena nuansa dan ambience-nya yang begitu dark dan gothic, dengan mengambil tema catur raksasa yang digerakkan oleh banyak orang, dimana papan catur tersebut merupakan perwujudan dari keramik Essenza. Dalam iklan tersebut, terdapat scene dimana salah satu pion catur tersebut dijatuhkan, namun tidak membuat “keramik” tersebut menjadi rusak. Adapun musik yang digunakan dalam iklan ini juga tak kalah menyeramkan, justru makin menambah nuansa seram dalam iklan ini.

Jika berdasarkan judul video YouTube di bawah ini (skip ke durasi 10:41), iklan Essenza sudah tayang sejak tahun 1992. Saya sendiri terakhir melihat langsung iklan ini di tahun 2002, tepatnya saat jeda iklan pertandingan sepakbola World Cup 2002 yang saat itu ditayangkan di RCTI. Tapi setelah itu iklan ini sudah jarang terlihat lagi di berbagai televisi nasional di Indonesia.

Sumber: YouTube (Sanggar Cerita)

2. Iklan Cat Dulux Weathershield (sekitar tahun 90an-awal 2000an)

Sumber: YouTube (Keanu Soemali)

Iklan seram jadul kedua yang tak kalah seram yaitu iklan cat Dulux Weathershield. Iklan ini telah tayang sekitar pertengahan tahun 90an hingga tahun 2000an awal. Dulux merupakan salah satu brand produk cat rumah yang terkenal hingga saat ini di Indonesia yang diproduksi oleh ICI.

Iklan ini bisa dibilang cukup menyeramkan karena ada scene dengan nuansa yang cukup dark, terutama saat bagian awal pada iklan ini. Di lima detik pertama, diperlihatkan kondisi rumah yang temboknya tidak terawat layaknya rumah berhantu, tampilan rumah saat hujan petir hingga cat tembok yang terkelupas sendirinya.

3. Iklan Lampu Osram (tahun 2000-pertengahan 2000-an)

Sumber: YouTube (irwantono subandy)

Osram merupakan salah satu brand lampu bohlam yang mulai dikenal oleh masyarakat sejak awal tahun 2000an. Lampu Osram ini bisa dibilang menjadi salah satu kompetitor produsen lampu bohlam yang sudah terkenal di Indonesia sejak lama yaitu Phillips.

Sesuai dengan nama brand-nya, iklan Osram ini memiliki tema yang seram yaitu drakula yang menghantui penghuni di salah satu rumah. Namun drakula tersebut justru ketakutan dan terkejut saat melihat lampu yang bermerk Osram itu dinyalakan oleh penghuni rumah. Saya merasa iklan ini ada kombinasi horor dan lucunya juga karena bisa-bisanya seorang drakula ketakutan karena sebuah lampu.

Nah, itulah tiga iklan jadul yang menyeramkan yang tayang di era 90an hingga awal 2000an. Dari ketiga iklan tersebut, mana yang paling seram menurut kalian?

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top