Beranda » Lain-lain » I-Radio Jakarta Pindah Frekuensi! Catat Frekuensi Barunya

I-Radio Jakarta Pindah Frekuensi! Catat Frekuensi Barunya

Ilustrasi Radio Jadul/Vintage

Di bulan Juli ini, saya sempat dikejutkan dengan salah satu radio favorit saya yaitu i-Radio Jakarta yang di frekuensi lamanya tiba-tiba menyetel lagu dari penyanyi luar Indonesia. Padahal kan i-Radio ini merupakan satu-satunya radio yang konsisten menyiarkan musik dalam negeri. Kok bisa begitu?

Sekadar info saja, kalau saya termasuk orang yang punya hobi mendengarkan musik. Salah satunya yaitu mendengarkan musik melalui radio. Dan salah satu radio favorit saya adalah i-Radio Jakarta yang biasa saya dengar pas berangkat sekolah, kerja atau saat di rumah. Ya walaupun makin kesini sudah jarang dengerin lagi sih karena sekarang lebih sering mendengarkan musik di Spotify. Bisa dibilang sudah jadi pendengar setia i-Radio ini sejak tahun 2006 lalu waktu masih SMP. Di tahun 2006 itu, i-Radio masih berada di frekuensi 89,6 FM.

Saat ini, selain I-Radio saya juga sering mendengarkan radio lain seperti Delta FM hingga Prambors. Malah dulu waktu masih SD saya sering mendengarkan radio Sonora FM yang jika dilihat dari kelompok audiensnya saja sudah berbeda jauh.

Kembali ke topik utama, jadi di bulan Juli 2022 ini waktu berangkat kerja, saya sempat setel radio di mobil pada frekuensi 89,6 FM. Saat itu saya masih menganggap kalau i-Radio Jakarta ini masih berada di frekuensi tersebut. Tapi entah mengapa saat disetel pada frekuensi ini rasanya berbeda sekali, tidak seperti siaran i-Radio yang biasanya. Yang biasanya menyetel lagu asli Indonesia, tiba-tiba yang disetel adalah lagu asing yang saya sendiri juga tidak tahu penyanyinya siapa. Yang biasanya ada sesi pembicaraan dengan pembawa acara, tapi kali ini hanya full setel lagu saja. Lalu saya berpikir apa benar i-Radio Jakarta sudah tidak ada lagi?

Akhirnya saya coba untuk googling dan ternyata i-Radio Jakarta sudah pindah frekuensi! Yang semula berada di frekuensi 89,6 FM, kini pindah ke frekuensi 101,4 FM per 1 Juli 2022. Adapun frekuensi 101,4 FM ini sebelumnya diisi oleh radio Trax FM, salah satu radio dengan audiens anak muda dari SMA hingga kuliahan dan bisa dibilang sebagai rivalnya Prambors nih. Yang menarik dari perpindahan frekuensi ini adalah dilakukan pada radio yang berada pada satu grup media yang sama yaitu MRA Broadcast Media (MRA Group). Baik i-Radio maupun Trax FM sama-sama dalam naungan MRA Broadcast Media. Selain i-Radio dan Trax FM, radio yang berada dalam grup media MRA Broadcast Media ini ada Hard Rock FM, Cosmopolitan FM dan Brava Radio.

Lalu bagaimana dengan radio Trax FM sendiri? Untuk Trax FM, dari hasil googling yang saya dapatkan saat ini masih mengudara, namun tidak melalui media radio di frekuensi FM lagi. Melainkan mengudara secara daring atau online melalui live streaming yang bisa kalian perdengarkan di situs traxonsky.com atau melalui vidio.com dan platform lainnya.

Lalu bagaimana dengan frekuensi 89,6 FM di Jakarta saat ini? Untuk frekuensi tersebut saat ini diisi oleh radio pendatang baru yaitu Publica FM Jakarta yang hingga saat artikel ini dibuat, belum banyak informasi yang diperoleh.

Nah, itulah informasi yang perlu kalian ketahui terkait perpindahan frekuensi i-Radio Jakarta. Jika semula i-Radio Jakarta berada pada frekuensi 89,6FM, kini sudah pindah ke frekuensi 101,4 FM. Jadi jangan lupa setting frekuensi radio kalian ya gaes.

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top