Sahabat Yatim - Donasi

Sedekah merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meringankan beban hidup serta membantu kehidupan bagi orang-orang yang kurang mampu. Sedekah juga menjadi hal yang sangat mulia untuk dilakukan dan sangat berguna. Karena dengan bersedekah, selain kita mendapatkan pahala ataupun ridho dari Allah SWT, kita juga berperan untuk membantu bersama-sama meningkatkan taraf hidup bagi mereka yang kurang beruntung.

Salah satu pihak yang berhak untuk mendapatkan sedekah atau bantuan yaitu anak yatim. Anak yatim merupakan sebutan bagi anak yang ditinggal wafat oleh ayahnya saat belum memasuki usia dewasa atau baligh.

Saat ini, ada banyak sekali tempat, lembaga amil zakat hingga platform yang bisa kalian gunakan untuk bersedekah. Salah satunya yaitu Sahabat Yatim.

Bagi yang ingin tahu lebih mendalam tentang Sahabat Yatim, bisa kalian baca lebih lengkap di bawah ini.

Sekilas Tentang Sahabat Yatim

Sahabat Yatim merupakan sebuah lembaga amil zakat (LAZ) yang memiliki fokus melakukan pemberdayaan anak yatim dan dhuafa. Sebagai salah satu lembaga amil zakat, Sahabat Yatim memiliki visi “Menjadi Lembaga Amil Zakat Kebanggaan Indonesia”. Lembaga ini didirikan sejak tanggal 1 September 2009.

Lembaga amil zakat ini memiliki berbagai program dan kegiatan yang bertujuan untuk memberdayakan anak yatim guna meningkatkan pendidikan dan taraf hidupnya.

Legalitas

Selama ini, salah satu hal yang paling sering ditanyakan terkait lembaga zakat adalah perihal legalitasnya. Guna memastikan apakah lembaga tersebut resmi dan sudah mendapatkan ijin dari regulator.

Adapun untuk Sahabat Yatim ini, telah mendapatkan ijin maupun pengesahan dari regulator. Lembaga ini telah memenuhi sebagai lembaga amil zakat yang legal dan resmi dengan adanya Akta Pendirian, Surat Menteri Hukum dan HAM RI, Nomor Induk Berusaha, dan Surat Keputusan dari Menteri Agama sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional.

Program Unggulan Sahabat Yatim

Sebagai lembaga amil zakat, Sahabat Yatim memiliki berbagai program unggulan terkait pemberdayaan anak yatim. Salah satu program unggulannya yaitu Yatim Center.

Yatim Center merupakan program untuk pengembangan anak yatim yang mencakup program pengasuhan serta program kewirausahaan. Yatim Center ini terdiri dari dua jenis program yaitu Keasramaan dan Yatim Mandiri.

Program Keasramaan merupakan program pengasuhan yang dijalankan kepada anak yatim, baik yang tinggal di panti asuhan (Asrama Sahabat Yatim) maupun yang tidak bermukim di asrama. Hingga saat ini, telah terdapat 26 panti asuhan atau asrama yang tersebar lokasinya di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jabodetabek. Pada program Keasramaan ini, anak yatim yang termasuk ke program pengasuhan mendapatkan bantuan sandang, pangan, tempat tinggal, biaya kesehatan hingga biaya pendidikan. Selain itu, anak yatim tersebut juga mendapatkan pembelajaran agar anak asuh bisa berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Lalu untuk program Yatim Mandiri merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha dari anak asuh. Sehingga anak asuh menjadi lebih mandiri serta mampu untuk mengembangkan bisnis dan usahanya.

Program Sahabat Yatim Lainnya

Selain program unggulan Yatim Center, lembaga amil zakat ini juga memiliki berbagai program lain yang tujuannya sejenis yaitu pemberdayaan anak yatim. Program lain yang tersedia mencakup berbagai aspek seperti program pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kemanusiaan, hingga dakwah.

Sedekah Yatim

Sebagai orang yang baik, tentunya kita ingin memberikan kebaikan bersama dengan anak yatim yang kurang beruntung. Nah, kalian juga bisa melakukan kebaikan tersebut dengan melakukan sedekah yatim di Sahabat Yatim ini.

Sedekah yang kalian berikan, nantinya akan disalurkan untuk program-program pengembangan dan pemberdayaan anak yatim. Termasuk untuk mendukung program-program lainnya seperti pembangunan dan pengembangan asrama, bantuan pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Selain sedekah yatim, kalian juga bisa menunaikan zakat. Baik zakat maal, zakat penghasilan, zakat profesi hingga zakat emas.

Pembayaran

Ada banyak metode untuk melakukan pembayaran atas zakat, donasi, ataupun sedekah yatim yang kalian berikan. Saat ini pembayaran bisa dilakukan secara online melalui berbagai bank yang telah bekerja sama dengan Sahabat Yatim, ke rekening a.n. Yayasan Sahabat Yatim Indonesia.

Pembayaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi dompet digital seperti Gopay, OVO, Shopee Pay, Link Aja. Selain itu juga bisa melakukan pembayaran dengan QRIS. Tidak hanya itu, metode pembayarannya juga bisa dilakukan di minimarket seperti Alfa Mart dan Indomaret. Bisa juga dengan menggunakan kartu kredit hingga PayPal.

Penutup

Nah, itulah penjelasan dari saya untuk Sahabat Yatim ini. Untuk informasi lebih lengkapnya, kalian bisa buka melalui situs resmi Sahabat Yatim. Di situs tersebut, kalian juga bisa mendapatkan informasi terkait penyaluran sedekah dan donasi yang telah dikumpulkan sebagai bentuk akuntabilitas pengumpulan sumbangannya.

Apabila kalian memiliki rejeki lebih, kalian bisa menyumbangkan, berdonasi atau bersedekah kepada anak yatim melalui lembaga amil zakat ini. Karena sedekah yang kalian berikan sangat berarti bagi masa depan anak yatim.

About Author

By Alviansyah K.

Seorang PNS dengan MBTI ISTJ-T. Railways and public transport enthusiast. Suka jalan-jalan, kulineran, ngopi.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca