Beranda » Kuliner » Toko Kopian: Coffee Shop ala Kopitiam di Bilangan Cikini

Toko Kopian: Coffee Shop ala Kopitiam di Bilangan Cikini

Toko Kopian Cikini - Rekomendasi Kulineran

“Cikini ke Gondangdia, disini banyak sekali coffee shop-nya.”

Betul sekali, ada banyak coffee shop di Cikini yang bisa kalian dieksplor. Adapun coffee shop yang saya ulas kali ini yaitu Toko Kopian. Salah satu coffee shop yang jadi rekomendasi di sekitaran Cikini.

Awalnya saya mengetahui coffee shop ini karena waktu itu ada yang merekomendasikan di linimasa Twitter. Berhubung konsep dan menunya yang unik, serta lokasinya yang strategis dan mudah diakses, saya jadikan tempat ini sebagai wishlist pada saat itu. Dan akhirnya saya berkesempatan ke Toko Kopian ini pada awal Juli 2023 lalu untuk pertama kalinya.

Lokasi Toko Kopian Cikini

Toko Kopian berlokasi di Jalan Cilosari, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Lokasinya persis diseberang KFC Cikini. Dari segi lokasinya, coffee shop ini strategis banget karena dekat dengan stasiun Cikini.

Untuk menuju kesini, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Tapi menurut saya lebih baik naik transportasi umum kesini karena opsinya banyak sekali dan tempat parkirnya terbatas. Bisa naik KRL Commuter Line dan turun di stasiun Cikini atau dengan menggunakan bus TransJakarta rute 5M, 6H hingga angkot Mikrotrans rute JAK.10A dan JAK.10B.

Konsep Coffee Shop

Konsep pada Toko Kopian ini memang unik sekali. Baik dari segi tampilan luarnya, interior, hingga menu-menu yang disajikan. Coffee shop Toko Kopian ini mengusung konsep kopitiam atau coffee shop bergaya Singapura-Melayu. Jika kalian ke pintu masuknya, terlihat sekali vibes Chinese versi Singapura atau Melayunya.

Menu

Menu minuman di Toko Kopian, coffee shop di Cikini
Aneka minuman di Toko Kopian

Menu signature dari coffee shop ini yaitu aneka minuman kopi seperti Kopi O, Kopi, Kopi C, Kopi M, dan lain-lain. Waktu pertama kali kesini, saya menjajal minuman Kopi M. Kopi M ini menggunakan bahan seperti espresso, susu evaporasi, susu segar dan gula merah. Untuk rasanya, saya suka banget dengan Kopi M ini. Rasanya itu seimbang menurutku, tidak terlalu manis dan tidak terlalu pahit. Pokoknya pas di lidah.

Kopi M dan Char Siu Bun
Kopi M dan Char Siu Bun

Yang unik dari kopi tersebut yaitu dari segi penyajiannya. Terutama gelas yang digunakan. Gelas yang dipakai tidak seperti pada coffee shop pada umumnya yang menggunakan gelas kaca. Gelas yang dipakai di coffee shop ini terlihat sekali vibes jadulnya jadi berasa sekali kesan vintage versi Singapura-nya.

Selain aneka kopi, di Toko Kopian ini juga menyediakan minuman signature lainnya seperti Yinyang, Mocha Milo dan Minyak Gosok.

Bagi yang tidak bisa minum atau suka kopi, disini juga menyediakan aneka minuman non-kopi seperti Milo Dinosaurs, Es Bandung, Teh Susu, Mixed Fruit Sauce dan lain-lain.

Menu makanan di Toko Kopian, Coffee shop di Cikini, Jakarta
Menu makanan

Untuk menu makanan, disini menu andalannya yaitu Char Siu Bun dan aneka dimsum. Waktu itu saya menjajajal menu Char Siu Bun. Menu Char Siu Bun ini bentuknya seperti burger yang berisikan potongan daging ayam dengan saus madu. Rasanya manis dan rotinya pun gurih.

Selain Char Siu Bun, ada juga aneka roti dengan beraneka isi. Rekomendasinya untuk roti ini yaitu roti dengan isi selai kaya.

Vibes

Coffee shop Toko Kopian, Cikini, Jakarta
Interior

Untuk vibes-nya sendiri, baik dari segi interior, luaran, tampilan menu hingga nama menunya memang punya vibes Chinese ala-ala kopitiam yang mungkin biasa ditemukan di Singapura atau Malaysia. Dari tempatnya menurutku termasuk cozy, nyaman dan cocok dijadikan sebagai tempat untuk ber-WFC (work from coffee shop). Disini juga terdapat hiasan berupa kaligrafi beraksara Tiongkok.

Disini tersedia dua area yaitu indoor dan outdoor. Untuk yang merokok, bisa menggunakan area outdoor yang ada di bagian belakang dari kedai kopi ini.

Harga Menu di Toko Kopian Cikini

Harga makanan dan minuman di Toko Kopian ini menurutku terjangkau. Untuk minuman kopi, harganya mulai dari Rp 18.000-Rp 34.000. Sementara minuman lainnya harganya bervariasi dari kisaran 15 ribu hingga 34 ribu Rupiah saja.

Adapun untuk makanannya, Char Siu Bun dihargai sebesar Rp 28.000. Aneka dimsum harganya dikisaran Rp 20-24 ribu, aneka roti sebesar Rp 16-28 ribu.

Nah, itulah review dari saya untuk coffee shop Toko Kopian yang ada di Cikini ini. Jadi jika kalian ke Cikini dan bingung mau beli kopi apa atau mau ke coffee shop yang mana, Toko Kopian bisa jadi pilihan buat kalian. Tempat strategis, gampang diakses, kopinya enak, kurang apa lagi coba. Pokoknya cobain deh, gaes.

Thanks for reading!

Instagram: @tokokopian

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top