Beranda » Kuliner » Suasanakopi Blok M: Tempat Ngopi dan Hangout di Sudut Blok M

Suasanakopi Blok M: Tempat Ngopi dan Hangout di Sudut Blok M

Suasanakopi Blok M, Jaksel

Jalan-jalan sekaligus hangout ke kawasan Blok M rasanya kurang lengkap kalau tidak mencoba ke tempat kuliner yang direkomendasikan. Ada banyak sekali rekomendasi kuliner di Blok M dan salah satunya yaitu kedai kopi atau coffee shop. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan mereview salah satu coffee shop yang ada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan yaitu Suasanakopi.

Saya sendiri pernah mengunjungi coffee shop ini dua kali. Pertama kali kesini sambil work from coffee shop (WFC) setelah sebelumnya ada meeting ke salah satu kantor dekat Blok M. Lalu di kunjungan yang kedua, saya kembali kesini karena penasaran dan ingin mencoba menu kopi lainnya.

Lokasi Suasanakopi Blok M

Suasanakopi merupakan salah satu coffee shop yang ada di kawasan Blok M. Lokasinya ada di jalan Bulungan dan letaknya juga tidak jauh dari mal Blok M Plaza. Tempatnya ada di sebuah sudut ruko yang posisinya bersebrangan dengan mal Blok M Plaza.

Lokasinya sangat strategis dan bisa dijangkau dengan berbagai moda transportasi. Bisa dengan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Tapi saya lebih menyarankan untuk menggunakan transportasi umum karena ada rute bus Transjakarta yang berhenti tepat di depan coffeeshop ini yaitu rute 1E (Pondok Labu-Blok M) dan 8E (Bintaro-Blok M). Jadi buat kalian yang tinggal dekat Pondok Labu atau di sekitar Bintaro, kalian sangat beruntung karena bisa ke coffeeshop ini cukup dengan sekali jalan saja.

Suasanakopi Blok M lokasinya juga dekat dengan stasiun MRT Blok M BCA. Dari stasiun MRT Blok M BCA, kalian bisa keluar area stasiun menuju akses ke dalam mal Blok M Plaza terlebih dahulu, turun satu lantai lalu jalan kaki ke arah pintu selatan mal (dekat J.Co dan Starbucks) dan kemudian menyebrangi Jl. Bulungan, hingga akhirnya sampai di coffeeshop Suasanakopi Blok M ini.

Menu di Suasanakopi Blok M

Di kedai kopi ini, tersedia beraneka ragam minuman yang disediakan, baik minuman kopi hingga minuman non-kopi lainnya. Tapi paling banyak ya jelas minuman kopi disini.

Kopi Aroma Dia Strong (iced)

Untuk kopinya, ada berbagai macam varian minuman kopi mulai dari aneka espresso hingga aneka signature coffee. Menu signature coffee yang tersedia di Suasanakopi ada tiga menu yaitu Kopi Biskop, Kopi Susu Jakarta, dan Aroma Dia Creamy/Strong.

Disini juga tersedia minuman non-kopi seperti aneka mocktail, matcha latte, chocolate, hingga aneka teh. Ada juga menu minuman dalam bentuk kaleng (canned) seperti Nano-Nano, Mo Bobo, dan yang lainnya.

Sebungkus pastry berisi plain croissant yang saya beli di Suasanakopi

Tidak hanya minuman, di Suasanakopi juga tersedia aneka makanan berupa aneka roti dan pastry dari Braud. Disini tersedia aneka croissant seperti Plain Croissant, Pain au Chocolate, Almond Croissant, Kouign Amann, hingga aneka cookies. Pastikan kalian juga jajal aneka pastry dari Braud ini karena rasanya memang enak banget. Bahkan lebih enak daripada pastry yang dijual di coffeeshop seberang (yang di mal Blok M Plaza maksudnya).

Fasilitas

Nah, untuk fasilitasnya sendiri di coffeeshop ini menurutku cukup lengkap ya. Disini ada area indoor dan juga outdoor.

Di area indoor tersedia beberapa meja, kursi serta tempat charger untuk smartphone atau laptop buat kalian yang ingin ber-WFC disini. Untuk jumlah tempat chargernya sendiri jumlahnya agak terbatas. Tempatnya nyaman, adem dan full-AC. Di area indoor juga memutar aneka musik atau lagu yang memberikan ambience yang santai dan chill. Pilihan musiknya juga pas dan tidak bising di telinga.

Disini juga tersedia Wi-Fi gratis buat kalian yang ingin ber-WFC atau sambil browsing internet. Tapi waktu pertama kali saya WFC di coffeeshop ini, saya lebih sering pakai koneksi internet dari HP daripada Wi-Fi karena waktu itu agak lemot koneksi internetnya dan memang lagi banyak yang pakai juga.

Sementara di area outdoor, tersedia beberapa kursi yang bisa digunakan sebagai tempat untuk nongkrong dan hangout. Area outdoor-nya cukup teduh, tidak terlalu panas. Tersedia juga tempat sampah hingga asbak bagi para perokok.

Vibes

Di dalam coffee shop Suasanakopi Blok M

Karena kawasan Blok M identik dengan kawasannya anak muda, para remaja gaul Jaksel, dan pusatnya skena di Jakarta, jadi kebanyakan yang datang ke coffeeshop ini tentu saja para remaja, anak kuliahan hingga pekerja kantoran muda sekitaran usia 20an hingga 30an awal. Dan memang saat saya dua kali ke tempat ini, vibes-nya memang beda banget, berasa mundur ke usia 20an lagi. Yah, namanya juga Blok M. Blok Mejeng, Blok Muda, atau sebutan lainnya you named it, tempat dimana kita menolak untuk menua.

Dan satu lagi, coffee shop ini juga mengadakan event khusus di hari tertentu seperti pertunjukkan live music di malam hari. Jadi suasananya bisa menjadi lebih ramai di waktu tersebut.

Rasa Kopi dan Menunya Seperti Apa?

Menu kopi yang pernah saya beli di Suasanakopi Blok M ini salah satunya yaitu Aroma Dia Strong (iced). Waktu itu saya memesan yang strong karena ingin menjajal kopi ini yang punya rasa kopi yang kuat, bikin melek dan biar tidak ngantuk saat mau ber-WFC. Dari segi rasanya, Aroma Dia Strong ini unik sekali karena ada aroma harum dan wangi seperti bebungaan saat awal menyeruput kopinya. Untuk kopinya bisa dikatakan punya aroma yang strong, baik dari wangi-wangi bebungaan tersebut maupun aroma kopinya.

Lalu dikunjungan kedua kesini, saya juga sempat menjajal salah satu menu signature coffee lainnya disini, tapi saya lupa nama menunya, tapi kemungkinan menunya itu yang Kopi Susu Jakarta kalau tidak salah. Kopi susu yang satu ini rasanya seimbang, tidak terlalu manis tapi juga tidak terlalu pahit.

Selain itu saya juga pernah membeli croissant di coffee shop ini. Di kunjungan pertama, saya mencoba dan membeli Plain Croissant. Walaupun aroma croissantnya tidak semenusuk croissant yang ada di toko donat seberang, dari segi rasanya ini croissant enak banget, gurih dan tentunya crunchy.

Harga

Untuk harga aneka minuman kopi espresso, harganya bervariasi mulai dari Rp20.000-Rp35.000 per gelas. Sementara untuk minuman signature coffee, harganya mulai dari Rp35.000-Rp45.000 per gelasnya.

Adapun minuman lainnya seperti minuman berkaleng (canned drinks) harganya Rp35.000 per kaleng. Minuman mocktails harganya Rp40.000, aneka teh mulai dari Rp28.000-Rp30.000 dan minuman non-kopi lainnya harganya Rp35.000-Rp40.000 satunya.

Untuk croissant dan pastry harganya bervariasi, mulai dari Rp28.000-Rp42.000.

Cabang Suasanakopi Lainnya Selain di Blok M

Selain di Blok M, Suasanakopi juga punya cabang lainnya di Jakarta yaitu di sekitaran Gandaria serta di Senayan, di area Gelora Bung Karno (GBK).

Worth It Gak?

Dari dua kali mampir ke Suasanakopi di Blok M ini, menurutku worth it dan menjadi tempat ngopi yang saya rekomendasikan buat kalian yang mau hangout atau WFC di area Blok M. Suasana coffeeshop yang nyaman, cozy dan santai bisa membuat kalian terbawa suasana hingga betah berlama-lama di coffee shop ini.

Rasa kopi yang enak dan unik serta ditambah dengan croissantnya yang enak banget juga menjadi salah satu alasan untuk wajib mampir ke coffee shop ini.

Jadi, apakah kalian siap untuk terbawa suasana di coffee shop Suasanakopi yang satu ini?

For more details:
Instagram: @suasana.kopi

About Author

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Scroll to Top