Beranda » Kuliner » Rumah Makan Lokiin Melawai: Tempat Makan Enak Dekat Blok M

Rumah Makan Lokiin Melawai: Tempat Makan Enak Dekat Blok M

Rumah Makan Lokiin Melawai

Di tahun 2023 ini, saya jadi sering main ke Blok M. Entah untuk jalan-jalan, refreshing, hunting kuliner, meet up hingga nge-date. Semenjak Taman Literasi yang tak jauh dari stasiun MRT Blok M BCA ini dibuka, kawasan Blok M kini menjadi lebih hidup. Pokoknya gak ada abisnya kalau bicara soal Blok M ini.

Dan di kawasan Blok M sendiri ada banyak sekali kuliner yang enak disana. Yang paling terkenal yaitu gultik, restoran Futago Ya, Kopi Tuku, Filosopi Kopi, Haka Dimsum, Papaya hingga restoran khas Jepang lainnya. Tapi kali ini saya tidak membahas tempat makan tersebut.

Tempat makan yang banyak direkomendasikan di area Blok M tidak hanya yang berada dekat dengan Taman Literasi saja. Tapi ada juga yang berlokasi di Melawai, masih berada di sekitaran kawasan Blok M. Salah satu yang tempat yang saya rekomendasikan yaitu Rumah Makan Lokiin Melawai.

Lokasi Rumah Makan Lokiin Melawai

Rumah Makan Lokiin Melawai ini lokasinya masih berada dekat dengan kawasan Blok M. Tepatnya berada di gedung Melawai Plaza, Jalan Melawai Raya.

Dari stasiun MRT Blok M BCA, kalian perlu jalan kaki melewati Taman Literasi, minimarket Circle K hingga Futago Ya. Lalu pada pertigaan pertama, belok ke kanan ke arah jalan utama pintu masuk mal Blok M Square. Selanjutnya jalan terus lurus menuju ke arah jalan Melawai Raya. Setelah tiba di Melawai Raya dan bertemu dengan minimarket FamilyMart di sebelah kiri, belok kiri dan berjalan kaki sejauh 270 m ke arah gedung Melawai Plaza.

Untuk menuju ke rumah makan ini, kalian bisa menggunakan transportasi umum seperti MRT, bus TransJakarta hingga angkot MikroTrans. Bisa juga dengan transportasi lainnya seperti bajaj hingga ojek online.

Konsep & Vibes

Rumah makan ini memang bisa dibilang terlihat simpel dan sederhana. Tidak terlihat fancy ataupun aesthetic layaknya restoran mahal ataupun coffeeshop yang sering kalian temui. Adapun untuk ukuran rumah makan ini juga tidaklah luas. Walaupun begitu, meja makannya tersedia cukup banyak. Tidak hanya di dalam rumah makannya saja, tapi juga ada di luar rumah makan ini.

Saat pertama kali kesini, vibes-nya itu ya kurang lebih seperti rumah makan pada umumnya. Namun yang berkunjung kesini ada banyak sekali dan cukup ramai. Mulai dari pengunjung yang penasaran dengan menunya seperti saya, pengunjung Melawai Plaza, hingga para driver ojek online. Hampir semua kursi yang ada di rumah makan ini terisi.

Jika berkesempatan untuk makan dan dapat tempat di dalam rumah makan ini, kalian akan melihat beberapa hiasan di dinding berupa berbagai foto. Dari foto tersebut, terlihat sekali bahwa rumah makan ini merupakan rumah makan keluarga yang sepertinya sudah ada sejak lama sejak beberapa tahun lamanya. Dan tentunya dengan masakan rumahan yang sudah diwariskan sejak turun temurun.

Menu

Menu makanan yang ada di Rumah Makan Lokiin Melawai ini terdiri dari aneka masakan rumah. Ada nasi lidah bumbu, nasi paru bumbu, empal gentong, nasi ayam cabe ijo, nasi Lokiin cumi item, nasi babat bumbu, nasi campur, nasi ayam serundeng ikan kering hingga nasi Lokiin telor kecap.

Untuk masakan rumahnya seperti aneka nasi, semuanya berbumbu yang membuat lidah kalian dijamin akan bergoyang. Selain itu ditambah dengan berbagai potongan daging, lidah, paru dan lain-lain yang pastinya bikin kalian jadi kenyang.

Sementara itu untuk minuman, disini tersedia air mineral, teh, jeruk Pontianak dan es Mega Mendung.

Selain itu, disini juga tersedia menu tambahan lainnya seperti lidah sapi bumbu, paru bumbu, babat bumbu, nasi serundeng hingga kerupuk aci.

Rasa

Karena waktu itu pertama kalinya saya kesini, saya coba bertanya ke pelayannya menu apa yang direkomendasikan. Waktu itu pelayan bilangnya Nasi Campur. Alhasil saya memutuskan untuk memesan dan mencoba menu Nasi Campur ini. Selain itu, saya juga memesan es jeruk Pontianak untuk minumannya.

Nasi Campur dan es jeruk Pontianak di Rumah Makan Lokiin Melawai
Nasi Campur dan Es Jeruk Pontianak

Nasi Campur ini isinya ada nasi dengan campuran lidah, paru dan babat sapi, dilengkapi dengan serundeng dan bumbu, sambal bawang yang pedas dan juga timun. Rasanya benar-benar enak banget. Suka sekali sama bumbunya yang bisa bikin lidah bergoyang terus. Dagingnya juga empuk dan tidak alot. Serundengnya juga enak dan semakin menambah kenikmatan menu Nasi Campur ini. Sambal bawangnya juga pedas pol.

Untuk es jeruk Pontianaknya juga segar dan fresh. Lumayan untuk mengurangi rasa pedas setelah makan sambal yang ada di Nasi Campur tadi.

Harga

Harga makanan di Rumah Makan Lokiin Melawai ini bervariasi. Mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 53.000 per porsinya. Adapun untuk Nasi Campur yang saya pesan waktu itu harganya sebesar Rp 45.000 untuk satu porsi. Dan untuk es jeruk Pontianak harganya Rp 18.000 per gelas.

Jika kalian belinya via aplikasi ojek online seperti Gojek atau Grab, ada kemungkinan harganya lebih mahal dibandingkan dengan beli langsung di restoran ini.

Cabang Lainnya

Rumah Makan Lokiin ini selain punya cabang di Melawai, ternyata juga punya cabang lainnya di Jakarta Selatan. Tepatnya berada di kawasan Warung Buncit. Namun untuk yang cabang Warung Buncit ini hanya bisa untuk pemesanan via aplikasi ojek daring (delivery only).

Worth the Hype?

Jika kalian ingin mencari makanan yang enak di kawasan Blok M, terutama masakan Indonesia, menu di Rumah Makan Lokiin Melawai ini bisa kalian coba. Dan bila perlu bisa kalian masukkan sebagai wishlist. Worth it menurutku. Seporsi nasinya enak dan bikin kenyang seharian.

Namun perlu kalian ketahui juga kalau makan di tempat makannya langsung, kalian perlu bersabar karena banyak sekali yang pesan. Tidak hanya yang datang langsung namun juga ada yang pesan via ojek daring.

Nah, itulah ulasan saya untuk rekomendasi kuliner di Blok M, tepatnya di Rumah Makan Lokiin Melawai ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi kuliner sekitaran Blok M buat kalian.

Thanks for reading!

Instagram: @rm.lokiin

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top