Beranda » Kuliner » Kopi Tuku: Pesona Kopi Susu yang Membuatku Berpindah Hati

Kopi Tuku: Pesona Kopi Susu yang Membuatku Berpindah Hati

Toko Kopi Tuku Salihara, Jakarta Selatan

Sebagai pencinta minuman kopi, saya selalu hunting untuk mencari minuman kopi dengan rasa terbaik. Terutama minuman kopi susu. Saya sudah mencoba berbagai minuman kopi susu dari berbagai coffeeshop hingga minimarket yang ada di Jabodetabek.

Pada awalnya, saya punya minuman kopi susu favorit yaitu Kopi Susu Keluarga (KSK) dari FamilyMart. Kopi Susu Keluarga atau KSK ini menjadi minuman kopi susu favorit saya sejak 2019 lalu. Selain harganya yang murah, KSK juga punya rasa yang enak dan berbeda dibandingkan dengan kopi susu lainnya.

Namun sejak tahun 2021 lalu, akhirnya saya menemukan minuman kopi susu yang menurut saya dari segi rasa lebih enak dari kopi susu favorit saya terdahulu. Kopi susu tersebut bernama Es Kopi Susu Tetangga dari Kopi Tuku.

Seperti apa ceritanya?

Awal Mula Kenal Kopi Tuku

Es Kopi Susu Tetangga

Bisa dibilang saya termasuk yang telat kenal dengan Kopi Tuku ini. Dulu waktu masih kerja dekat kawasan SCBD sekitar 3-4 tahun lalu, kopi susu yang saya kenal saat itu sebatas Starbucks, kopi FamilyMart, Kopi Kenangan dan Kopi Soe saja. Waktu itu saya bahkan belum pernah mendengar nama Kopi Tuku. Mungkin karena waktu itu saya mainnya kurang jauh kali yah.

Saat itu, saya masih sering beli minuman kopinya FamilyMart seperti dolce latte hingga Kopi Susu Keluarga (KSK). Bukan hanya karena rasanya yang enak, tapi juga harganya yang sangat terjangkau dibandingkan dengan merk kopi susu lainnya. Selain itu, toko minimarketnya juga dekat dengan kantor lama saya. Cukup jalan kaki, sampai deh di FamilyMart.

Nah, sejak tahun 2021, saya mulai pindah profesi sebagai PNS sekaligus pindah kantor. Dan kantor saya saat ini tidak terdapat minimarket FamilyMart yang bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki saja. Alhasil sejak itulah saya sudah mulai jarang mampir ke FamilyMart untuk membeli kopi susunya.

Suatu hari, saya sedang ada tugas aktualisasi berupa tugas bela negara saat itu. Dan salah satu bentuk aktualisasi yang saya lakukan saat itu adalah dalam bentuk membeli produk lokal. Waktu itu saya coba scrolling di salah satu aplikasi ojek online buat pesan makanan online. Dan akhirnya saya memilih minuman kopi susu lokal sebagai bentuk aktualisasinya.

Adapun kopi susu yang saya pesan saat itu adalah Es Kopi Susu Tetangga dari Kopi Tuku yang ada di cabang Fatmawati. Saya pilih Kopi Tuku karena ratingnya yang tinggi dan banyak ulasannya. Karena saat itu saya belum pernah coba, alhasil saya pesan segelas es kopi susu tetangga dari Kopi Tuku ini.

Dan saat dicoba, rasa kopinya itu sumpah enak banget. Beda banget dari kopi susu yang lain. Bahkan bisa dibilang lebih enak dari kopi susu keluarga (KSK) FamilyMart yang biasa saya beli saat itu.

Sejak itulah saya nobatkan minuman es kopi susu tetangga dari Kopi Tuku ini sebagai kopi susu terenak yang pernah saya coba.

Buat kalian yang mungkin belum tahu, kata “tuku” pada merek Toko Kopi Tuku ini dalam bahasa Jawa berarti beli atau membeli sesuatu. Sesuai dengan namanya, kalian diajak untuk tuku atau beli kopi susu yang ada di Toko Kopi tuku ini.

Berkunjung ke Kedai Toko Kopi Tuku

Tidak lengkap rasanya kalau hanya membahas terkait enaknya minuman kopi dari Kopi Tuku ini tanpa membahas terkait kedai kopi (coffee shop)-nya.

Sekitar tahun 2021 hingga 2022 lalu, saya belum pernah berkunjung langsung ke kedai kopinya Toko Kopi Tuku. Saat itu, jumlah cabangnya juga belum sebanyak seperti saat ini. Jadi saat itu kalau mau beli kopi susu tetangga di Kopi Tuku, ya harus pesan secara online via aplikasi ojek online.

Di tahun 2023 ini, akhirnya saya berkesempatan untuk mampir ke kedai Kopi Tuku pertama kali secara langsung yang ada di cabang Blok M. Namun bukan cabang ini yang akan saya bahas karena lokasinya yang masih jauh dengan kantor saya saat ini.

Sekitar pertengahan tahun 2023 ini, Kopi Tuku akhirnya mulai kembali menambah cabangnya. Salah satu yang saya tunggu saat itu adalah cabang Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Cabang Kopi Tuku yang satu ini cukup dekat dengan kantor saya sekarang. Cabang Kopi Tuku inilah yang akan saya bahas di bagian selanjutnya.

Pertama kali saya tahu cabang ini dari akun X atau Twitter Dari Halte ke Halte (DHKH) yang memberikan rekomendasi kuliner di sekitar Pasar Minggu saat itu dengan tagline “Mengembara ke Salihara”. Kebetulan saya juga termasuk followers akun tersebut. Saya juga sempat mengambil brosur referensi kuliner dari DHKH dan Kopi Tuku ini saat pertama kali ke cabang Kopi Tuku Salihara pada bulan Juli 2023 lalu.

Cabang Toko Kopi Tuku Salihara

Toko Kopi Tuku cabang Salihara ini dibuka sejak pertengahan 2023 yang lalu. Cabang Kopi Tuku ini menjadi salah satu cabang yang paling sering saya kunjungi. Toko Kopi Tuku Salihara berlokasi di Jalan Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lokasinya dekat dengan Komunitas Salihara Arts Center, salah satu tempat untuk pertunjukan seni yang ada di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Untuk ke tempat ini, kalian bisa menggunakan ojek online, kendaraan pribadi hingga transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, disini tersedia area parkir di beberapa titik seperti di dekat Indomaret, Alfamidi dan sekitarnya.

Buat pengguna transportasi umum, kalian bisa kesini dengan naik KRL Commuter Line lalu turun di stasiun Pasar Minggu. Selanjutnya kalian bisa lanjut dengan transportasi umum lainnya seperti angkot Mikrotrans hingga bus TransJakarta.

Atau bisa juga dengan langsung naik bus TransJakarta rute 6U (Blok M-Pasar Minggu) dan 6T (Velbak-Pasar Minggu via Jeruk Purut), turun di halte SMU Balai Rakyat.

Selain itu juga bisa dengan naik angkot Mikrotrans atau Jaklingko rute JAK 46 (Pasar Minggu-Jagakarsa), JAK 47 (Pasar Minggu-Ciganjur) dan JAK 95 (Pasar Minggu-Lebak Bulus via Cipete) lalu turun di halte SMU Balai Rakyat/halte GOR Pasar Minggu. Atau bisa juga dengan angkot lainnya seperti Mikrolet M36 jurusan Jagakarsa-Pasar Minggu dan turun di Salihara.

Menu yang Tersedia

Menu kopi dan minuman lainnya

Menu yang tersedia di Toko Kopi Tuku utamanya terdiri dari aneka minuman kopi. Minuman yang tentunya paling laris, dicari dan jadi andalan tentu saja Es Kopi Susu Tetangga.

Secara umum, menu kopi disini dibagi menjadi Kopi Tetangga dan Kopi Premium. Untuk Kopi Tetangga, tersedia aneka minuman kopi seperti kopi hitam tetangga, kopi susu tetangga dan varian lainnya. Untuk Kopi Premium, ada menu short black (espresso), long black, piccolo, cappuccino, latte dan lain-lain. Selain itu juga ada ragam rasa tetangga yang terdiri dari aneka menu minuman kopi dengan berbagai varian.

Disini juga tersedia aneka minuman non-kopi bagi yang tidak bisa minum kopi seperti Teh Remon, dan masih banyak lagi.

Menu cemilan dan kudapan yang ada di Toko Kopi Tuku Salihara
Menu cemilan dan kudapan

Tidak hanya aneka kopi, disini juga menjual aneka cemilan atau kudapan yang bisa kalian beli sebagai pendamping minuman kopi. Ada aneka bolu seperti bolu wortel, bolu cokelat hingga bolu gula aren. Ada juga aneka donat seperti donat kampoeng dan donat cokelat. Tersedia juga menu cemilan lainnya seperti lumpia ayam, tahu schotel, onigiri dan lain-lain.

Gak cuma cemilan, disini kalian juga bisa beli menu makanan berat dengan nama Segowo (Sego Iso Digowo) atau nasi bisa dibawa. Menu Segowo ini terdiri dari aneka makanan nasi seperti nasi kuning, nasi bumbu dan nasi goreng dengan aneka lauk seperti telur dadar, ayam, orek tempe dan lain-lain. Menunya pas buat makan siang kalian.

Dari berbagai menu yang tersedia, menu favorit saya yaitu Es Kopi Susu Tetangga untuk minuman kopinya. Untuk cemilan saya suka dengan bolu wortel dan donat kampoeng. Rasanya enak.

Ada Merchandisenya Juga!

Selain menjual aneka minuman kopi dan cemilan, di Toko Kopi tuku ini kalian juga bisa membeli aneka merchandise juga lho. Ada beberapa merchandise yang tersedia seperti gelas, mug, kantong belanja hingga kaos. Selain itu juga ada beberapa item produk pernak-pernik lain yang bisa kalian beli disini.

Harga

Untuk harga, menurutku affordable untuk minuman kopinya. Untuk minuman Es Kopi Susu Tetangga dihargai sebesar Rp 20.000 untuk satu gelas. Menurutku sangat worth it jika dibandingkan antara rasa dengan harganya.

Disini juga tersedia menu mini kopi hitam dan kopi susu tetangga dengan ukuran yang lebih kecil dan harga yang lebih murah lagi yaitu Rp 10.000 saja per gelasnya.

Untuk menu minuman kopi lain, harganya berkisar diantara range Rp 18.000-Rp34.000.

Sementara itu untuk menu cemilan seperti aneka bolu dihargai sebesar Rp 10.000 satunya. Donat kampoeng, lumpia ayam dan tahu schotel dihargai sebesar Rp 5.000 per buah. Untuk donat cokelat harganya Rp 8.000 per buah.

Penutup

Nah, itulah ulasan saya secara umum terkait Kopi Tuku dan secara spesifik untuk cabangnya di Salihara, Jakarta Selatan. To be honest, es kopi susu tetangga dari Kopi Tuku ini memang enak banget dan saya berhasil dibuat amaze dengan rasanya. Semenjak saya mencoba minum es kopi susu tetangga ini, saya jadi merasa kalau kopi susu lainnya jadi kalah jauh dari segi rasanya.

Kalau ada teman kantor yang traktir kopi susu, jelas saya akan menjawab Kopi Tuku in the first place.

Worth it? Untuk es kopi susu tetangga menurutku sangat worth it. Pokoknya kalian harus coba kopi yang satu ini!

For more details, kalian bisa cek di Instagram Toko Kopi Tuku di @tokokopituku.

Thanks for reading and happy ber-Tuku ria!

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top