Beranda » Kuliner » Jajan dan Kulineran di PRJ (A Recap)

Jajan dan Kulineran di PRJ (A Recap)

Kulineran di PRJ, Jakarta Fair 2023, ada Bluder Cokro, kerak telor, Shihlin, Momogi, dan lain-lain.

Jalan-jalan ke PRJ
(Cakep!)
Nyok kite kulineran di sane aje
(Mantep!)

Yap, di awal bulan Juli 2023 lalu saya berkesempatan untuk jalan-jalan ke event Jakarta Fair 2023 di PRJ Kemayoran. Disini saya jalan-jalan sekaligus hunting makanan dan aneka jajanan kuliner yang ada di PRJ Kemayoran ini. To be honest, saya sudah bosan jalan-jalan ke Depok terus. Pasti ketemunya ya itu-itu lagi ya kan.

Oh iya, sejak bulan Mei hingga kini, saya jadi makin sering review tempat makanan, restoran hingga coffeeshop. Kebanyakan reviewnya ada di Google Maps. Dan kali ini saya mau bahas dan cerita soal aneka kuliner apa aja yang saya beli saat di Jakarta Fair 2023 di PRJ Kemayoran kali ini.

Di event Jakarta Fair 2023 ini, saya membeli tiketnya secara online langsung ke situs resminya. Harga tiketnya waktu itu adalah sebesar Rp 50.000 per orang saat akhir pekan. Waktu itu saya kesana sendirian naik Transjakarta dari halte Juanda ke PRJ, naik koridor 2C.

Baca juga: Review Mie Gacoan: Menjajal Mie Gacoan Pertama Kalinya

Suasana di PRJ Saat Itu

Saat tiba di PRJ Kemayoran dari Pintu 2 JIExpo, suasananya sudah ramai banget walaupun saat itu cuaca lagi panas terik-teriknya. Waktu itu saya sampai sana sekitar jam setengah 1 siang. Area yang saya masuki pertama kali itu adalah area Gambir Expo. Disana ada banyak stan-stan produk fashion, pakaian dan lain-lain.

Karena saya tahu disana ada stan Erigo, saya coba penasaran kesana dan mencari pakaian yang sekiranya cocok. Eh, ternyata nggak ketemu yang cocok buat saya. Sayang banget, padahal waktu itu lagi diskon gila-gilaan. Alhasil saya langsung skip dan lanjut ke stan aneka makanan.

Waktunya Hunting Kuliner di PRJ!

Next, saya langsung cuss ke stan kuliner dan makanan yang ada di area open space. Namun sebelum saya ke PRJ ini, saya sudah googling dan searching stan apa saja sih yang ada di PRJ tahun 2023 kali ini. Ada beberapa booth kuliner yang menarik untuk saya kunjungi saat itu. Salah satunya yaitu oleh-oleh khas Madiun yaitu Roti Bluder Cokro.

Booth kuliner di area open space PRJ Jakarta Fair 2023

Dan saat sampai di area kuliner tersebut, jujurly saya bingung! Lebih tepatnya bingung mau jajan apa aja karena saking banyaknya pilihan makanan dan kuliner yang ada di PRJ ini.

Jajan Shihlin

Setelah berputar-putar beberapa kali mengelilingi area open space ini, akhirnya saya memutuskan untuk membeli suatu makanan. Pemberhentian pertama saya saat itu adalah Shihlin! Ya ampun, jauh-jauh ke PRJ malah beli Shihlin. Padahal di Margocity juga ada. Hehehe.

Shihlin Original XXL Chicken

Alasan saya beli Shihlin saat itu karena sebelumnya saya sudah makan cukup berat di salah satu coffeeshop di sekitaran Cikini. Selain itu karena saya memang jarang banget beli atau jajan Shihlin ini. Menu Shihlin yang saya pesan saat itu adalah Original XXL Chicken seharga Rp 45.000. Rasanya enak, spicy dan juga crunchy.

Hunting Bluder Cokro

Setelah membeli jajanan Shihlin tadi, saya lanjut ke booth Bluder Cokro. Saat tiba disana, ternyata booth-nya lagi tutup sementara waktu buat restock roti bludernya. Penjaga kasirnya menginfokan kalau booth-nya bakal buka lagi sekitar jam 13.30 siang nanti.

Lalu saya berjalan-jalan ke sekitar area open space ini dan sempat mampir ke salah satu minimarket buat beli air minum. Saat itu saya tengah menghabiskan jajanan Shihlin sambil istirahat.

Menjelang pukul 13.30 siang, saya beranjak dari minimarket tersebut dan kembali ke arah booth Bluder Cokro. Dan apa yang terjadi selanjutnya? Sudah ada antrian yang begitu panjang di booth tersebut! Wow, saya sendiri tidak menyangka kalau animo masyarakat pada makanan khas oleh-oleh Madiun yang satu ini begitu tinggi.

Antrian di stan Bluder Cokro di PRJ, Jakarta Fair 2023

Langsung saja saat itu saya ke antrian Bluder Cokro. Kurang lebih saya menunggu selama 15 menit lebih untuk bisa sampai ke counter kasir untuk memesan roti bluder. Setelah sampai di kasir, saya memesan satu paket bundling bluder berisikan 8 roti bluder. Harga satu paketnya itu seharga Rp 98.000, sudah dipotong diskon. Harga normalnya adalah Rp 128.000. Untuk paket ini, pembeli tidak bisa memilih rasa roti bludernya sesuai permintaan. Isi paketnya sudah fix.

Di dalam paket bundling ini terdapat roti bluder dengan aneka rasa. Dari rasa coklat, kacang hingga yang plain.

Berburu Diskonan

Brosur diskon produk di Jakarta Fair 2023

Di event Jakarta Fair 2023 kali ini, ada banyak sekali promo dan diskon produk yang ditawarkan. Waktu itu, saya sempat mendapatkan brosur berisikan kupon diskon saat awal masuk ke PRJ. Tapi tak satupun kupon saya gunakan karena memang tidak terlalu butuh untuk membeli produknya.

Setelah berkeliling beberapa kali di area open space, akhirnya saya mulai merasa haus. Dan kebetulan saja di Jakarta Fair 2023 ini ada booth dari salah satu produk air mineral yang memberikan diskon gila-gilaan untuk produk air mineralnya.

Promonya menarik sekali. Dengan hanya uang Rp 10.000 saja sudah bisa mendapatkan 4 botol air mineral ukuran 600ml kalau tak salah ingat.

Makan Kerak Telor

Datang jauh-jauh ke PRJ, rasanya kurang afdol kalau tidak mencicipi kuliner khas Betawi yaitu kerak telor. Disana ada banyak sekali penjual dan penjaja kerak telor. Sampai saya sendiri bingung mau beli kerak telor di lapak yang mana.

Kerak Telor PRJ di Jakarta Fair 2023

Waktu itu, saya berkesempatan untuk membeli dan mencicipi kerak telor. Kali itu saya memesan kerak telor dengan telur bebek serta cabai. Harga satu porsinya sebesar Rp 30.000 jika memakai telur bebek. Jika pakai telur ayam, harga satu porsinya yaitu sebesar Rp 25.000.

Bisa dibilang kalau harga kerak telor yang dijual di event Jakarta Fair 2023 kali ini agak pricey menurut saya. Sementara untuk soal rasa, nggak perlu diragukan lagi. Rasanya enak, dan pedas karena memakai potongan cabai rawit.

Jajanan dan Kuliner yang Tidak Terbeli di PRJ

Berhubung waktu itu saya ke PRJ dalam keadaan sudah makan siang, jadi ada banyak aneka jajanan dan kuliner yang tidak saya beli ataupun coba saat itu. Salah satunya yaitu kuliner makanan seperti Indomie dengan varian ramen yang terbaru, kue bolu kukus, jajanan dan aneka makanan di area kuliner nusantara, dan lain-lain.

Disana juga ada booth makanan snack jadul jaman SD seperti Momogi yang juga dijual dengan harga promo. Sebungkus paketnya hanya seharga Rp 10.000 saja. Tadinya saya sempat kepikiran untuk membeli makanan tersebut, tapi saya urungkan karena bakalan ribet buat dibawa sambil jalan-jalan.

Selain itu, ada juga booth kuliner khas Jogja seperti bakpia. Bakpia yang tersedia saat itu adalah Bakpia 25, salah satu bakpia yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh saat ke Jogja. Akan tetapi saya juga skip untuk membeli makanan tersebut.

Nah, itulah review singkat saya saat kulineran di PRJ pada event Jakarta Fair 2023 kali ini. Overall saya merasa puas bisa belanja sekaligus kulineran di PRJ kali ini karena bisa membeli aneka wishlist makanan dan kuliner tertentu yang hanya ada saat event ini berjalan.

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top