AMS&DAM Coffee Shop di Pasar Baru, Jakarta
AMS&DAM Coffee Shop di Pasar Baru, Jakarta

AMS&DAM merupakan salah satu coffee shop yang bisa kalian kunjungi di sekitar Pasar Baru, Jakarta Pusat. Kalau dilihat dari nama coffee shop ini, tentunya sudah sangat obvious sekali coffee shop ini identik salah satu kota di Belanda yaitu Amsterdam. Nama coffee shop ini diambil dari kata Amsterdam yang kemudian dimodifikasi menjadi AMS&DAM.

Secara umum, coffee shop ini memiliki konsep serba Belanda dan Amsterdam. Sehingga menu makanan yang tersedia hingga interior dalam coffee shop ini juga memiliki konsep yang serupa. Disini tersedia aneka makanan khas Belanda yang bisa kalian beli seperti bitterbalen, poffertjes dan aneka menu lainnya.

Singkat cerita, saya pertama kali mengenal coffee shop ini bukan dari rekomendasi influencer di Twitter/X, Instagram, TikTok, apalagi dari teman dekat. Melainkan dari notifikasi like dari Instagram. Kelihatan aneh bukan? Tapi memang begitu awal mulanya.

Waktu itu saya sempat membuat postingan di Instagram mengenai review salah satu coffee shop yang ada di Cikini. Beberapa waktu kemudian, muncul notifikasi like yang ternyata berasal dari akun Instagramnya AMS&DAM ini. Karena penasaran, alhasil saya sempat kepo dengan akun Instagram coffee shop AMS&DAM ini dan ternyata coffee shop-nya terlihat aesthetic. Karena tempatnya terlihat bagus, saya jadikan AMS&DAM ini sebagai wishlist coffee shop yang akan saya kunjungi saat itu. Dan akhirnya saya berkesempatan untuk mengunjungi coffee shop ini.

Dan berikut adalah ulasan dari saya untuk coffee shop AMS&DAM ini.

Lokasi Coffee Shop AMS&DAM

Coffee shop ini berlokasi di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, tepatnya berada di Jalan Pintu Air V No. 49. Kalau kalian tahu, dulunya kawasan Pasar Baru ini merupakan salah satu pusat perdagangan yang ramai dimasanya, tepatnya pada era Hindia Belanda.

Untuk menuju ke coffee shop ini, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Di sepanjang jalan Pintu Air V ini terdapat cukup banyak tempat parkir paralel yang dekat dengan coffee shop ini.

Jika menggunakan transportasi umum, kalian bisa naik KRL Commuter Line jalur Bogor dan turun di stasiun Juanda. Bisa juga dengan naik Bus Transjakarta koridor 2, 5C, 7F, 8, 8A, 10H, 14A hingga T12 dan turun di halte bus Juanda. Dan bisa juga dengan menggunakan angkot Mikrotrans rute JAK.10. Kalian juga bisa menggunakan angkutan bajaj yang ada di sekitar stasiun Juanda.

Konsep Coffee Shop

AMS&DAM Coffee Shop
Hiasan peta Batavia dan logo Bendera Amsterdam

Sebagaimana sudah disebutkan di awal, coffee shop ini memiliki konsep bertemakan Amsterdam dan Belanda. Jadi kalian bisa menemukan berbagai objek, interior hingga menu yang khas dan identik dengan Belanda disini.

Coffee shop ini memiliki dua lantai. Di lantai pertama, kesan dan aura Amsterdamnya cukup terlihat di beberapa bagian. Terutama pada area lorong menuju ke lantai dua. Di area tersebut, kalian bisa menemukan berbagai hiasan di dinding yang serba vintage.

Jika ingin melihat dan merasakan aura Amsterdam yang lebih berasa, kalian bisa naik ke lantai dua. Di area tangga menuju lantai dua, terdapat banyak hiasan seperti poster jadul berbahasa Belanda, foto hingga hiasan kaset.

AMS&DAM Coffee Shop
Hiasan kaset betamax, poster dan papan iklan dalam bahasa Belanda

Di lantai dua, juga terdapat ruang yang bisa kalian gunakan untuk ngopi dan bersantai. Kalian bisa temukan lebih banyak lagi aneka hiasan, pernak pernik hingga interior yang sangat khas dengan kesan jadul, vintage dan tentunya serba Amsterdam atau Belanda pada lantai dua coffee shop ini.

Ada banyak sekali hiasan dan pernak-pernik vintage di lantai dua ini. Mulai dari radio, TV dan telepon jadul, foto-foto, hiasan iklan jadul berbahasa Belanda, peta Batavia, sepeda hingga bendera Amsterdam.

Menu AMS&DAM

Mee Ayam Ragout & Bitterballen, AMS&DAM Coffee Shop
Mee Ayam Ragout dan Bitterballen

Disini ada bermacam-macam menu makanan dan minuman. Beberapa menu diantaranya merupakan menu yang sangat kental dengan Belanda. Adapun menu makanan unggulan dari coffee shop AMS&DAM ini yaitu Nasi Koening Kejombrang, Hollandse Biefstuk (sejenis bistik ala Belanda). Menu makanan lainnya yang ada di coffee shop ini yaitu aneka nasi goreng, pasta, Mee Goreng dan Mee Ayam.

Selain itu juga tersedia menu brunch lainnya seperti sandwich, omelette, burger hingga salad.

Selain makanan berat, di AMS&DAM juga terdapat aneka menu makanan snack. Kalian bisa menjajal menu The Dutch Supreme yang terdiri dari bitterballen, frikandel dan patatjes untuk menjajal aneka cemilan khas Belanda dalam satu menu. Menu snack yang menjadi best seller dan wajib kalian coba yaitu bitterballen dan poffertjes.

Zeezout, AMS&DAM Coffee Shop
Zeezout

Untuk minuman, ada beraneka minuman kopi di AMS&DAM seperti kopi susu, espresso, cappuccino, latte dan lain-lain. Menu kopi susu yang menjadi signature di AMS&DAM ini yaitu Zeezout. Ada juga menu kopi susu lainnya yang menjadi best seller di coffee shop ini seperti De Java dan De Batavia.

Bagi kalian yang tidak bisa minum kopi, disini juga tersedia minuman non-kopi lainnya seperti Sunset Dreams, De Honze, Bonbon Cocoa dan masih banyak lagi.

Adapun menu yang saya pesan saat itu adalah Mee Ayam Ragout, Bitterballen dan Zeezout. Untuk bitterballennya enak banget, wajib coba pokoknya. Adapun untuk Zeezout juga enak menurutku, rasa kopinya tidak terlalu pahit tapi ada rasa manis campur asin.

Vibes

Dari segi vibes-nya, coffee shop ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong, kumpul bareng, dan juga cocok untuk WFC (work from coffee shop). Tempatnya nyaman dan estetik, cocok buat foto-foto. Didukung dengan interior dan aneka desain vintage ala Belanda, membuat kesan vintage dan jadulnya dapet banget, khususnya di lantai dua.

Jika ingin ngopi secara santai, lebih tenang dan private, sekaligus merasakan vibes Amsterdam yang kental, kalian bisa ngopi di lantai dua di coffee shop ini.

Harga Menu

Menu makanan di AMS&DAM ini berada di kisaran sekitar Rp 34.000 hingga Rp 88.000 per porsi. Sementara untuk minuman khususnya kopi ada di kisaran sekitar Rp 20.000 hingga Rp 34.000 per gelas (belum termasuk add-ons). Untuk minuman selain kopi harganya berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 34.000 satunya.

Adapun menu yang saya pesan saat itu rincian harganya adalah sebagai berikut:
1. Mee Ayam Ragout: Rp 48.000
2. Bitterballen: Rp 38.000
3. Zeezout: Rp 32.000
Total: Rp 118.000 (belum termasuk service charge dan pajak)

Reservasi

Kalian juga bisa melakukan reservasi di coffee shop AMS&DAM ini untuk acara tertentu, baik dengan teman, rekan kerja, keluarga atau mungkin dengan someone special. Untuk informasi terkait reservasi, kalian bisa tanya lebih lanjut via Instagram AMS&DAM di akun @amsendam.

Nah, itulan ulasan dari saya untuk coffee shop AMS&DAM yang unik ini. Semoga ulasan dari saya ini bermanfaat dan bisa menambah referensi sekaligus wishlist coffee shop unik yang ada di Jakarta.

Thanks for reading!

Jam operasional:

  1. Senin-Jumat: pukul 10.00-21.00
  2. Sabtu-Minggu: pukul 09.00-21.00

Instagram: @amsendam

About Author

By Alviansyah K.

Seorang PNS dengan MBTI ISTJ-T. Railways and public transport enthusiast. Suka jalan-jalan, kulineran, ngopi.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca