Beranda » Kereta » Livery Baru KRL Commuter Line 2020

Livery Baru KRL Commuter Line 2020

Livery Baru KRL Commuter Line (Desember 2020)

Sebelum menutup tahun 2020 ini, saya akan memposting satu hal lagi yang berkaitan dengan KRL Commuter Line. Kali ini berkaitan dengan livery baru dari KRL itu sendiri.

Sebagaimana diketahui, sekitar akhir Oktober atau awal November 2020 lalu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah melakukan perubahan logo perusahaan beserta rebranding atas anak-anak perusahaannya. Tak terkecuali PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI yang kemudian dilakukan rebranding dan berubah menjadi PT KAI Commuter atau KAIC.

Atas rebranding dan perubahan nama perusahaan tersebut, livery atau seragam yang dipakai di KRL Commuter Line pun juga ikut berubah. Yang pada awalnya memiliki livery dengan warna strip merah-kuning, kini menjadi berwarna strip merah-putih dan abu-abu.

Perubahan Livery KRL Commuter Line Dari Waktu ke Waktu

Berdasarkan foto dan dokumentasi terkait KRL yang saya miliki di Flickr, sekitar tahun 2012-2013 lalu (CMIIW), livery dengan strip merah-kuning yang masih digunakan hingga saat ini mulai dipergunakan. Adapun pada tahun 2012 hingga 2013 lalu, masih ada beberapa KRL yang masih menggunakan livery lama dengan warna strip kuning-biru yang umum digunakan di jalur Bogor seperti pada gambar di bawah.

Berikut di bawah ini adalah dokumentasi saya terkait livery KRL Commuter Line Seri Tokyu 8500 yang masih menggunakan livery strip kuning-biru di stasiun Universitas Indonesia pada tahun 2013 yang lalu.

Selain livery strip kuning-biru tersebut, beberapa kereta KRL yang baru didatangkan dari Jepang saat itu seperti KRL Eks-Tokyo Metro Seri 7000, 6000 dan 05 langsung menggunakan livery baru dengan warna strip merah-kuning. Begitu pula dengan KRL Seri lainnya seperti seri 203 dan 205 juga langsung menggunakan livery ini. Kemudian KRL seri pendahulu seperti Tokyu 8000, 8500, Toyo Rapid 1000 dan Tokyo Metro 5000 juga secara berangsur-angsur menggunakan livery merah-kuning ini.

Selanjutnya di tahun 2014 hingga saat ini, KRL yang operasional hampir seluruhnya telah menggunakan livery merah-kuning ini. Hanya KRL seri KFW i9000 saja yang tidak menggunakan livery merah-kuning seperti kereta yang lain. Adapun livery dari KRL seri KFW i9000 telah berubah menjadi bermotif batik pada tahun 2020 ini sehubungan dengan akan dioperasikannya KRL Jogja-Solo dalam waktu dekat.

Livery KRL Commuter Line Seri Tokyo Metro 7000 dengan strip merah-kuning di Stasiun Universitas Indonesia (Arsip tahun 2013)
Livery lama KRL Commuter Line Seri KFW i9000 di Stasiun Universitas Indonesia (Arsip tahun 2013)

Livery Baru KRL di Tahun 2020

Kembali lagi soal livery baru KRL, kombinasi warna yang digunakan pada livery terbaru KRL ini adalah warna merah, putih dan abu-abu. Adapun warna merah yang dipakai di livery baru ini tidak sekontras warna merah yang digunakan pada livery lama KRL. Menurut saya warna merah pada livery baru KRL ini terlihat lebih kalem. Dan warna merah yang dipakai tersebut sekilas menyerupai dengan warna yang digunakan pada livery jalur KRL milik JR East (East Japan Railway Company) di kota Tokyo, Jepang yaitu Jalur Keiyō (Keiyō Line) ataupun Jalur Musashino (Musashino Line).

Beberapa KRL yang sudah menggunakan livery baru ini diantaranya yaitu KRL Seri 205 dan Seri 6000. Saat ini memang masih belum seluruhnya menggunakan livery baru ini. Namun secara bertahap nantinya livery KRL Commuter Line bakal menggunakan livery baru ini.

Berikut adalah beberapa dokumentasi yang saya peroleh terkait livery baru KRL Commuter Line di tahun 2020 ini.

Livery baru KRL Seri 205 (205-46 (M4)) di Stasiun Manggarai (Dokumentasi Pribadi, Desember 2020)
Livery baru KRL Seri 205 di Stasiun Manggarai (Dokumentasi Pribadi, Desember 2020)
Tampak samping livery baru dari salah satu KRL Seri 205 di Stasiun Manggarai (Dokumentasi Pribadi, Desember 2020)

Dokumentasi terkait livery baru maupun livery lama dari KRL Commuter Line juga bisa dilihat di galeri foto Flickr saya di link ini.

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top