Beranda » Kereta » Aplikasi KRL Access: Review Versi Terbaru

Aplikasi KRL Access: Review Versi Terbaru

Review Aplikasi KRL Access

Aplikasi KRL Access adalah aplikasi resmi dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang bertujuan untuk memudahkan penumpang KRL Commuter Line untuk mendapatkan informasi terkait layanan Commuter Line seperti jadwal KRL, posisi KRL, tarif, peta layanan KRL dan sebagainya.

Setelah sekian lama aplikasi KRL Access tidak terdapat update, akhirnya di akhir Juli 2020 ini KCI melakukan pembaruan aplikasi ini. Untuk pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS, saat ini aplikasi KRL Access sudah terdapat update ke versi 3.0.0.

Dan pada bulan Agustus 2020 ini, KCI kembali melakukan update pada aplikasi KRL Access ke versi 3.1.0 dengan beberapa perbaikan.

Tampilan dan Fitur Baru*

Jika dilihat dari menu utama maupun menu lainnya, jelas sekali perbedaannya antara aplikasi KRL Access saat ini dibandingkan dengan versi terdahulu. Secara umum aplikasi KRL Access yang sekarang memiliki tampilan dan user interface (UI) yang lebih bagus. Selain itu, aplikasi ini juga menambahkan fitur baru yaitu fitur “Ambil Antrian” dan “Check-In”. Fitur baru ini dimunculkan guna mengurangi kepadatan di stasiun serta mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19 di transportasi umum KRL. Setiap penumpang KRL Commuter Line yang akan menggunakan KRL diwajibkan untuk melakukan proses booking antrian pada menu “Ambil Antrian” tersebut. Penumpang diwajibkan untuk memilih pilihan stasiun keberangkatan serta jam pemberangkatan untuk masuk ke stasiun. Penumpang juga harus memastikan jika pilihannya tersebut memiliki ketersediaan antrian karena menggunakan sistem kuota untuk setiap jam pemberangkatan. Jika jam pemberangkatan yang ingin dipilih kuota antriannya sudah penuh, penumpang harus memilih jam pemberangkatan selanjutnya atau dengan jam pemberangkatan lain yang masih tersedia.

Akan tetapi sampai saat artikel ini ditulis, fitur baru tersebut belum dapat digunakan. Sistem booking untuk layanan KRL Commuter Line saat ini memang belum diterapkan. Dan belum dipastikan pula apakah fitur ini bersifat sementara dan hanya berlaku saat pandemi COVID-19. Menurut saya ada kemungkinan fitur ini bisa dihilangkan jika pandemi COVID-19 telah usai.

Selain itu, aplikasi KRL Access terbaru ini juga memiliki fitur baru lainnya yaitu fitur untuk mengetahui tingkat kepadatan stasiun. Informasi tersebut berguna untuk mengetahui apakah stasiun terkait berada dalam kondisi ramai, padat ataupun lengang. Fitur ini belum terdapat di aplikasi KRL Access versi sebelumnya.

Cara Penggunaan

Berikut adalah beberapa langkah cara menggunakan aplikasi KRL Access versi terbaru ini.

Gambar 1: Salah satu pilihan menu yang terdapat pada aplikasi KRL Access terbaru.

Berdasarkan gambar 1 di atas, terdapat beberapa menu yang bisa dipilih yaitu Beranda, Tarif, Peta KRL, Media Sosial dan sebagainya. Menu “Beranda” digunakan untuk kembali ke menu utama aplikasi. Menu “Tarif” digunakan untuk mengetahui tarif yang dikenakan dari stasiun pemberangkatan hingga ke stasiun tujuan. Menu “Rute KRL” digunakan untuk mengetahui dan menampilan peta dari seluruh rute KRL Commuter Line. Menu “Media Sosial, “Email” dan “Kontak Kami” digunakan untuk mengetahui update dan berita terkait layanan Commuter Line serta tempat untuk menyampaikan kritik dan saran.

Menu penting seperti posisi kereta, jadwal kereta dan info kepadatan stasiun sudah ditambahkan di menu utama pada aplikasi KRL Access versi 3.1.0.

Gambar 2: Fitur utama aplikasi KRL Access

Untuk dapat menampilkan menu seperti pada gambar 2 di atas, pengguna harus mengetuk/tap tombol berlogo huruf “C” yang berada di pojok kanan bawah aplikasi. Setelah menge-tap tombol tersebut, muncul pilihan menu yaitu “Info Kepadatan Stasiun”, “Jadwal Kereta” dan “Posisi Kereta”. Menu “Info Kepadatan Stasiun” difungsikan untuk mengetahui tingkat kepadatan di beberapa stasiun tertentu. Menu “Jadwal Kereta” difungsikan untuk mengetahui jadwal KRL di stasiun dan untuk waktu tertentu. Dan menu “Posisi Kereta” difungsikan untuk mengetahui posisi KRL secara real-time.

Cara Mengetahui Tarif KRL

Cara menggunakan aplikasi KRL Access - Tarif
Gambar 3: Menu tarif yang digunakan untuk mengetahui tarif yang dikenakan dari stasiun pemberangkatan ke stasiun tujuan.

Untuk mengetahui berapa besaran tarif yang dikenakan, pilih menu “Tarif” pada gambar 1 lalu muncul pilihan seperti pada gambar 3 di atas. Lalu tentukan stasiun pemberangkatan dan stasiun tujuan Anda lalu pilih hitung. Secara otomatis besaran tarif muncul pada aplikasi.

Cara Mengetahui Posisi KRL

Cara menggunakan aplikasi KRL Access - Posisi KRL
Gambar 4: Tampilan saat menggunakan fungsi posisi KRL di aplikasi KRL Access terbaru.

Untuk mengetahui posisi KRL, Anda dapat memilih menu “Posisi Kereta” seperti pada gambar 2 sebelumnya lalu muncul tampilan seperti pada gambar 4 di atas. Sebagai contoh saya ingin mengetahui posisi KRL yang menuju stasiun Pasar Minggu. Maka pilihlah stasiun Pasar Minggu atau stasiun lain yang ingin Anda cari. Dan secara otomatis posisi KRL yang berdekatan akan muncul pada aplikasi. Anda juga bisa men-tap setiap perjalanan KRL untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seperti pada gambar di atas.

Cara Mengetahui Jadwal KRL

Cara menggunakan aplikasi KRL Access - Jadwal KRL
Gambar 5: Tampilan saat menggunakan fungsi jadwal KRL di aplikasi KRL Access terbaru.

Untuk mengetahui jadwal KRL, Anda dapat memilih menu “Jadwal Kereta” seperti pada gambar 2 sebelumnya lalu muncul tampilan seperti pada gambar 5 di atas. Tentukan terlebih dahulu stasiun pemberangkatan Anda serta jam awal dan akhir yang ingin Anda cari.

Cara Mengetahui Informasi Kepadatan Stasiun

Cara menggunakan aplikasi KRL Access - Kepadatan Stasiun
Gambar 6: Tampilan saat menggunakan fungsi kepadatan stasiun di aplikasi KRL Access terbaru.

Untuk mengetahui kepadatan stasiun KRL, Anda dapat memilih menu “Info Kepadatan Stasiun” lalu muncul tampilan seperti pada gambar 6 di atas. Pada gambar 6 terdapat informasi terkait tingkat kepadatan di beberapa stasiun. Sejauh ini hanya beberapa stasiun besar saja yang terdapat monitoring kepadatan stasiun pada aplikasi KRL Access.

Review Aplikasi

Setelah saya jelaskan bagaimana cara penggunaannya, kini saatnya untuk mereview aplikasi ini. Menurut saya aplikasi ini termasuk mudah untuk digunakan jika sudah terbiasa menggunakan. Awalnya saya sempat kebingungan untuk mencari opsi menu untuk mengetahui posisi KRL karena tidak terdapat di menu utama. Di versi yang lama, semua pilihan opsi disatukan di menu utama. Di versi 3.0.0, opsi tersebut dipecah ke menu utama dan ke tombol opsi cepat yang terletak di pojok kanan bawah. Di versi yang lebih baru, versi 3.1.0, opsi-opsi yang penting tersebut akhirnya dimunculkan juga di menu utama.

Berbeda dengan aplikasi versi sebelumnya yang sering crash, sejauh ini aplikasi KRL Access versi terbaru lebih stable dan belum pernah terjadi kasus crash.

Terkait dengan proses monitoring posisi KRL, pada versi 3.1.0 aplikasi ini secara otomatis aplikasi me-refresh data kurang lebih setiap satu (1) menit. Di versi sebelumnya (versi 3.0.0), pengguna harus me-refresh informasi terkait posisi KRL secara manual, seperti ketika me-refresh timeline media sosial.

Nah, itulah informasi terkait cara menggunakan aplikasi KRL Access versi terbaru untuk iOS beserta dengan reviewnya. Secara umum sebagai pengguna smartphone berbasis iOS, menurut saya aplikasi ini sudah lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang menggunakan transportasi KRL Commuter Line.

*Artikel diperbarui pada 15 Agustus 2020.

*Fitur sistem antrian dan check-in dapat ditiadakan sewaktu-waktu jika pandemi COVID-19 berakhir.

Referensi

https://redigest.web.id/2020/07/kurangi-antrean-di-stasiun-kci-terapkan-sistem-booking-antrean-online/#.Xy0EwygzY2w

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top