Beranda » Gaming » Suikoden I & II Versi HD Remaster akan Dirilis di Tahun 2023!

Suikoden I & II HD Remaster akan Dirilis di Tahun 2023!

Game Suikoden I dan II HD Remaster, Gate Rune & Dunan Unification War

Bagi kalian pecinta game RPG khususnya Suikoden, kalian bisa full senyum kali ini! Karena di bulan September 2022 ini, secara mengejutkan Konami mengumumkan akan merilis Suikoden I dan II versi HD Remaster. Sebuah penantian panjang bagi fans berat game Suikoden setelah beberapa tahun lamanya tidak ada perkembangan pada game ini.

Trailer Suikoden I & II HD Remaster Gate Rune & Dunan Unification Wars. Channel: Konami

Pertama kali saya mendapatkan info bahwa Suikoden akan dibuatkan versi HD Remaster berawal dari sebuah notifikasi video di YouTube di atas. Awalnya saya skeptis dengan video tersebut dan kanal YouTube yang mengunggah video tersebut. Memang kanal tersebut merupakan kanal YouTube-nya Konami. Masa iya publisher game sekelas Konami kanal YouTube-nya sendiri masih belum ada tanda centang (verified)? Namun setelah saya cek bagian komentar video tersebut, semuanya memberikan tanggapan positif. Yang berarti bahwa video tersebut memang bukan omong kosong belaka. Selanjutnya saya mengecek informasi dari sumber lainnya seperti Twitter dan situs lainnya.

Dari berbagai sumber informasi yang diperoleh, sebelumnya beredar kabar bahwa Konami akan mengumumkan sebuah franchise game yang masih dirahasiakan namanya pada event Tokyo Game Show (TGS) 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 15-18 September 2022 lalu. Ada rumor menyebutkan bahwa game yang dimaksud adalah Suikoden.

Dan ternyata rumor tersebut benar. Konami secara resmi pada event TGS 2022 mengonfirmasi akan merilis game Suikoden I & II HD Remaster. Tidak tanggung-tanggung, ada dua seri game Suikoden yang akan dibuatkan versi HD Remaster yaitu Suikoden I dan Suikoden II. Game Suikoden I & II HD Remaster ini akan dirilis pada tahun 2023 mendatang.

Adapun nama resmi untuk game ini adalah Gensō Suikoden I & II HD Remaster Gate Rune & Dunan Unification Wars. Game ini direncanakan akan tersedia untuk berbagai jenis konsol dan platform seperti PS4, Xbox One, Nintendo Switch hingga PC. Dan yang paling menggembirakan dan dinantikan adalah game ini juga bisa didapatkan di Steam nantinya.

Bagi yang belum tahu dengan game Suikoden ini, sekadar info bahwa Suikoden merupakan salah satu game franchise dari Konami yang dirilis sejak tahun 1995 yang lalu. Game ini ber-genre role-playing games (RPG). Total ada lima seri utama dari game Suikoden yang sudah dirilis. Seri tersebut diantaranya yaitu:

No.NamaTahun RilisPlatform
1.Suikoden I1995PlayStation
2.Suikoden II1998PlayStation
3.Suikoden III2002PlayStation 2
4.Suikoden IV2004PlayStation 2
5.Suikoden V2007PlayStation 2

Secara umum, kelima game Suikoden tersebut memiliki plot yang sama yaitu bertarung dengan tujuan menjatuhkan kepemimpinan dari suatu negara atau kerajaan yang korup dan semena-mena. Tokoh protagonis yang dijadikan sebagai “Hero” ini dalam perjalanannya akan menggunakan suatu Runes yang merupakan bagian dari “The 27 True Runes” untuk menghadapi musuhnya. Selain itu, unsur politik dalam game Suikoden ini benar-benar kental sekali jika dilihat dari jalan ceritanya.

Terkait game Suikoden ini, dari Suikoden I sampai V, dulu ada channel Youtube yaitu JOEY-Samurai Reject yang mengulas walkthrough dari game Suikoden I sampai Suikoden V secara lengkap termasuk diskusi dan pembahasan terkait game Suikoden. Tapi entah mengapa tiba-tiba channel ini menghilang setelah saya cek kembali. Sayang sekali…

Apa yang Berbeda antara Suikoden I & II HD Remaster dengan Sebelumnya?

Pada game Suikoden I & II HD Remaster ini, akan ada beberapa peningkatan dan perbaikan yang dilakukan. Mulai dari tampilan grafisnya, berbagai fungsi dalam game tersebut dan masih banyak lagi.

Dikutip dari situs IGN, nantinya dalam game Suikoden I & II HD Remaster akan terdapat fitur auto-save, fast-forward command hingga dukungan untuk tampilan widescreen. Tidak hanya itu, terkait dengan dialog pada game ini nantinya juga akan dilakukan perbaikan terkait terjemahan (localization) dan pemilihan kata ataupun kalimat sehingga terdengar masuk akal alias nyambung.

Jika dilihat dari trailer di atas, jelas sekali bagian yang terlihat menonjol mengalami perubahan adalah dari segi tampilan grafisnya. Tampilannya jauh terlihat lebih bagus walaupun masih ada beberapa bagian yang terlihat masih sama dengan versi terdahulu, terutama saat battle. Terlebih tampilan saat di map mode benar-benar jauh berbeda sekali. Malah jadi mengingatkan saya pada map mode yang ada di Suikoden V.

Satu hal lagi yang saya sukai dari trailer tersebut adalah animasi saat menggunakan rune-nya. Benar-benar terlihat lebih dinamis dan tidak sekaku di versi terdahulu.

Adapun salah satu cuitan di bawah ini merupakan salah satu contoh perbedaan tampilan grafis yang terlihat antara versi terdahulu dari Suikoden dengan Suikoden versi HD Remaster yang terbaru.

Tweet 1: Perbandingan grafis antara Suikoden II versi terdahulu (kiri) dengan Suikoden I & II HD Remaster (kanan)

Bicara soal game Suikoden, pasti tentunya tidak lepas dari soundtrack dan musiknya yang ikonik dan memorable. Dari kelima seri Suikoden terdahulu, Suikoden II merupakan seri Suikoden yang memiliki soundtrack dan musik yang begitu bagus dan belum ada yang bisa menandinginya. Sekadar info, musik dan soundtrack Suikoden I dan II terdahulu dikomposeri oleh Miki Higashino.

Terkait dengan game Suikoden I & II versi HD Remaster, dikutip dari IGN disebutkan bahwa soundtrack akan di-update dan ditingkatkan. Belum diketahui secara pasti dari maksud tersebut apakah bakal ada soundtrack baru atau sebatas peningkatan kualitas dari soundtrack yang lama.

Namun yang pasti adalah akan ada peningkatan dari segi ambience suara seperti penambahan efek suara seperti derap langkah berjalan, sungai yang mengalir, suara hewan dan sebagainya seperti yang ditunjukkan pada cuitan di Twitter di bawah ini.

Tweet 2: Perbandingan audio antara Suikoden II versi terdahulu dengan Suikoden I & II HD Remaster

Dengan adanya penambahan efek-efek tersebut, pastinya akan membuat game Suikoden di versi HD Remaster ini akan menjadi lebih hidup dan terlihat lebih realistis.

Ekspektasi untuk Suikoden I & II HD Versi Remaster

Sebagai salah satu dari berbagai orang yang menyukai game Suikoden, saya merasa bahwa dengan adanya kabar akan dibuatkannya versi HD Remaster dari Suikoden I & II tentu merasa sangat senang sekali. Mengingat game Suikoden ini sudah bertahun-tahun lamanya sudah tidak ada perkembangan lagi dan tidak ada kejelasan apakah akan dilanjutkan atau dihentikan. Fans hardcore Suikoden rasanya benar-benar seperti digantung tanpa kepastian saat itu.

Namun yang pasti adalah untuk game Suikoden I & II versi HD Remaster ini, tidak akan ada campur tangan lagi dari seorang Yoshitaka Murayama, yang dulu menjadi director untuk game Suikoden I dan II. Saat ini, Yoshitaka Murayama berfokus untuk mengembangkan game terbaru secara indie yaitu Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes. Game Eiyuden tersebut telah mendapatkan dukungan secara masif melalui platform kampanye Kickstarter untuk membiayai pengembangan game tersebut.

Meskipun tanpa campur tangan dari Yoshitaka Murayama, saya pribadi tetap yakin dan optimis bahwa pengembangan Suikoden I & II versi HD Remaster ini bisa mendapakan review yang positif bagi fans Suikoden. Namun tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pengembangan versi terbaru dari Suikoden ini.

Dari segi gameplay, menurut saya sebaiknya tidak perlu diubah-ubah lagi. Gameplay dari Suikoden II menurut saya sudah paling paten dan bisa dijadikan sebagai pakem untuk seri Suikoden lainnya.

Dari segi tampilan grafis, menurut saya ini adalah bagian yang paling bisa dikembangkan lagi. Mengingat perbedaan teknik dan teknologi yang terlampau jauh saat Suikoden I & II terdahulu dikembangan dibandingkan dengan game modern saat ini. Mungkin nantinya bisa ditambahkan beberapa cutscene sebagaimana yang telah dilakukan untuk Suikoden IV dan V dengan visualisasi yang lebih baik lagi. Cutscene ini penting sekali supaya game terlihat menjadi lebih hidup dan tidak terlalu monoton karena terlalu terpaku pada teks dialog yang tampil di layar.

Sementara itu dari segi audio, musik dan soundtrack, menurut saya sebaiknya tidak terlalu banyak diubah atau diganti. Boleh saja dilakukan semacam aransemen ulang atau peningkatan kualitas namun jangan sampai menghilangkan ciri khas dari game Suikoden itu sendiri.

Oh iya, satu lagi yaitu perihal harganya. Kalau menurut pendapat pribadi, saya berharapnya agar game ini harganya terjangkau dan tidak terlalu mahal. Jika nanti bakal dihargai sebesar Rp 200.000 hingga Rp 250.000 menurut saya masih cukup reasonable. Mengingat game versi remaster yang sejenis seperti Final Fantasy VIII – Remastered, Final Fantasy X/X-2 HD Remaster dibanderol dengan harga sekitar Rp 199.999 hingga Rp 285.000 di Steam untuk harga normalnya. Tapi kalau harganya nanti bisa lebih murah dari game Final Fantasy tersebut, kenapa tidak?

Nah, itulah pembahasan mengenai Suikoden I & II versi HD Remaster dan ekspektasi pribadi dari game tersebut. Mungkin saja kalian punya ekspektasi yang sama atau berbeda dari yang sudah saya sebutkan di atas. Jika kalian punya ekspektasi yang berbeda, mungkin bisa komentar di kolom komentar di bawah. Yang terpenting adalah semoga saja proses pengembangan game ini berjalan lancar, sehingga bisa dirilis dan dinikmati di tahun 2023 mendatang.

Referensi:

https://sea.ign.com/news/189745/konami-is-about-to-announce-an-unknown-game-in-a-world-loved-series

https://sea.ign.com/suikoden-iii-hd-remaster-gate-rune-and-dunan-unification-war/190440/news/konami-devs-would-like-to-keep-making-more-suikoden-games-in-the-future-tgs-2022

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top