Beranda » Gaming » Nostalgia Game PC Jadul: Who Wants to Be a Millionaire versi Bahasa Indonesia

Nostalgia Game PC Jadul: Who Wants to Be a Millionaire versi Bahasa Indonesia

Review Game PC Who Wants to Be a Millionaire Versi Bahasa Indonesia

Buat kalian generasi 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan acara kuis “Who Wants to Be a Millionaire” (WWTBAM). Kuis “Who Wants to Be a Millionaire” merupakan salah satu kuis yang sempat terkenal di awal tahun 2000-an dan ditayangkan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Di Indonesia, kuis ini pernah ditayangkan di RCTI sekitar tahun 2001-2003 lalu, setiap hari Sabtu pukul 19.30 WIB. Kuis ini memperebutkan hadiah maksimal sebesar Rp 1 miliar jika setiap kontestan mampu menjawab seluruh pertanyaan dengan benar.

Nah, ternyata kuis ini tidak hanya ada di TV saja lho, tetapi juga ada game yang memiliki tema yang identik dengan kuis tersebut. Game ini juga bernama “Who Wants to Be a Millionaire” namun dengan versi Bahasa Indonesia. Sesuai dengan namanya, game ini juga berbahasa Indonesia dan beberapa pertanyaan dalam game kuis ini juga terkait dengan pengetahuan seputar Indonesia dan pengetahuan umum lainnya. Dalam game ini seluruh pertanyaannya disesuaikan dengan apa yang pernah dipelajari saat sekolah dulu. Ada pertanyaan terkait lagu daerah, sejarah, biologi, kimia hingga fisika.

Baca juga: Review Game Jadul PS1: SimCity 2000

Adapun game ini merupakan game PC yang dapat digunakan dengan menggunakan kaset CD karena kebetulan saya masih memiliki kaset CD-nya. Game ini bisa dikatakan jadul karena game ini keluaran sekitar tahun 2002 atau 2003, atau sudah berusia hampir 20 tahun yang lalu. Yang menarik adalah game ini menggunakan program Flash (Macromedia Flash). Dahulu pada awal tahun 2000-an, masih ada banyak game yang berbasis Flash karena lebih ringan untuk dijalankan. Berikut di bawah ini adalah bentuk kaset CD game ini.

Who Wants to Be a Millionaire PC Game - Indonesia
Kaset CD Game Who Wants to Be a Millionaire versi Bahasa Indonesia

Gameplay

Game ini intinya simpel sekali, kalian cukup menjawab dengan benar seluruh pertanyaan untuk memenangkan “hadiah” sebesar Rp 1 miliar. Total pertanyaan ada 15 buah. Jika kalian bingung untuk menjawab suatu pertanyaan, kalian diberikan tiga jenis bantuan yaitu “50:50”, “Phone a Friend” dan “Ask the Audience“. Ada dua titik aman dalam game ini yaitu titik aman pertama sebesar Rp 1.000.000 dan titik aman kedua yaitu sebesar Rp 32.000.000. Namun sayang di game ini tidak ada opsi untuk mundur atau withdraw seperti pada kuis WWTBAM yang sebenarnya.

Secara umum pertanyaan yang ada pada game ini berisikan mengenai pengetahuan umum. Kalau kalian dulu pernah atau sering membaca buku RPUL atau sejenis ensiklopedia, seharusnya kalian bisa menjawab pertanyaan ini dengan mudah. Selain pengetahuan umum, ada juga pertanyaan yang terkait dengan ilmu lain seperti fisika, biologi, kimia, geografi dan lain-lain.

Musik

Karena game ini merupakan adaptasi dari kuis WWTBAM yang ditayangkan di TV, maka tentu jelas musik yang dimainkan dalam game ini sama dengan yang ada di kuis tersebut. Tetapi ada yang kurang terkait musik pada game ini. Tidak ada musik intense (seperti musik saat menghadapi ujian) yang biasanya dimainkan setelah menembus titik aman pertama dan kedua. Jadi bisa dibilang musik atau lagu yang dimainkan saat menjawab pertanyaan dari pertanyaan pertama sampai pertanyaan terakhir seluruhnya sama.

Screenshot

Berikut di bawah ini adalah beberapa screenshot dari game WWTBAM versi Bahasa Indonesia.

Who Wants to Be a Millionaire PC Game - versi Indonesia
Screen awal dari game WWTBAM versi Indonesia. Terdapat keterangan biaya tambahan untuk update pertanyaan game ini. Dulu waktu masih SD, saya pernah memainkan game ini namun saya tidak pernah melakukan update database dari game ini.
Who Wants to Be a Millionaire PC Game - versi Indonesia
Salah satu bentuk pertanyaan yang muncul dalam game WWTBAM versi Indonesia.
Who Wants to Be a Millionaire PC Game - versi Indonesia
Selamat! Anda telah menjawab pertanyaan dengan benar dan masuk ke titik aman kedua sebesar Rp 32.000.000.
Who Wants to Be a Millionaire PC Game - versi Indonesia
Pertanyaan terakhir! Untuk satu miliar Rupiah.
Who Wants to Be a Millionaire PC Game - versi Indonesia
Selamat! Anda telah menjadi “miliarder” dan berhak memenangkan “hadiah” sebesar Rp 1 miliar!

Easter Egg

Meskipun game ini merupakan game yang sifatnya edukatif, namun saya menemukan adanya kesalahan atau bug terkait jawaban pada sebuah pertanyaan. Screenshot di bawah ini adalah salah satu contohnya.

Jika kalian salah menjawab pertanyaan, maka muncullah tampilan seperti ini.

Dalam screenshot di atas, saya menjawab pilihan B. ITB atas pertanyaan tersebut. Sudah jelas bahwa Universitas Indonesia memiliki julukan “Kampus Kuning” karena identik dengan jaket almamaternya yang berwarna kuning. Namun saat saya menjawab pilihan ITB, jawaban tersebut menurut game adalah salah. Sejak kapan UI berubah julukan menjadi “Kampus Biru”? Disclaimer: pertanyaan maupun jawaban tidak dilakukan perubahan.

Baca juga: Acara Memasak yang Pernah Tayang di TV (Tahun 90an – 2000an)

Selain bug jawaban seperti gambar sebelumnya, game ini juga memiliki bug yang menarik yaitu kalian bisa mengubah dan mengedit pertanyaan maupun jawaban sesuka hati. Contohnya adalah seperti gambar di bawah ini. Sekedar mengingatkan bahwa gambar di bawah ini tidak diedit dengan aplikasi seperti Adobe Photoshop dan aplikasi yang sejenis.

Apa jawaban menurut kalian? Fall Guys? Among Us? Genshin Impact? Atau Henry Stickmin?
Baru pertanyaan pertama sudah diberikan pertanyaan yang sangat sulit. Apa jawaban menurut kalian? Kopi Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Fore Coffee atau Kopi FamilyMart? You decide!

Penutup

Nah, itulah ulasan singkat dari saya mengenai game PC “Who Wants to Be a Millionaire” versi Bahasa Indonesia. Bisa dibilang game ini termasuk game yang cukup underrated, namun masih menarik untuk dimainkan. Hanya saja pertanyaan yang ada dalam game ini sebagian besar bisa dibilang sudah outdated dan relevan pada masanya (awal tahun 2000-an).

Ngomong-ngomong ada salah satu Virtual YouTuber (vTuber) asal Indonesia yang ternyata juga memainkan game ini yaitu Jaret Fajrianto dari GHOSTY’s COMIC. Saya termasuk salah satu subscribernya karena banyak sekali video yang menarik di channel tersebut. Dan kalau boleh jujur nih, karena video di bawah ini saya jadi kepikiran untuk membuat review game ini.

Channel: Jaret Fajrianto (GHOSTY’s COMIC)

Bagaimana? Apakah kalian tertarik memainkan game ini? Silakan komentar di bawah ya!

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top