Beranda » Gaming » Nostalgia Game PC Jadul: FIFA Road to World Cup 98

Nostalgia Game PC Jadul: FIFA Road to World Cup 98

Review Game Jadul FIFA Road To World Cup 98 versi PC (Bahasa Indonesia)

Setelah sekian lama tidak mereview game jadul, pada kali ini saya berkesempatan kembali untuk mereview salah satu game sepakbola jadul yang pernah saya mainkan di PC. Game yang saya review kali ini adalah FIFA Road to World Cup 98 atau FIFA RTWC 98.

Game sepakbola yang satu ini memang bisa dibilang spesial dan memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh seri game FIFA terdahulu maupun seri selanjutnya. Apa saja keunikan dari game ini? Silakan baca tulisan ini sampai habis ya.

Tentang Game Ini

FIFA Road to World Cup 98 main screen

FIFA Road to World Cup 98 merupakan salah satu game franchise FIFA yang diproduksi dan dirilis oleh Electronic Arts (EA). Game ini ber-genre olahraga (sports) yang dirilis pada tahun 1997 silam. Game FIFA Road To World Cup 98 ini tersedia untuk berbagai jenis konsol dan platform seperti PC Windows, PlayStation, Nintendo 64 hingga SNES. Dari berbagai versi konsol yang tersedia saat itu, versi konsol PC menjadi versi yang paling banyak dimainkan pada game ini.

Kompatibilitas

Karena game ini merupakan game lawas, dari segi kompatibilitasnya untuk versi konsol PC game ini hanya kompatibel untuk sistem operasi terdahulu seperti Windows 98, Windows 2000 ataupun Windows XP. Sementara untuk sistem operasi modern mulai dari Windows 7 hingga Windows 11, game ini bisa dibilang sudah tidak kompatibel dan dapat dikatakan sudah outdated.

Baca juga: Nostalgia Game PC Jadul: Who Wants to Be a Millionaire versi Bahasa Indonesia

Dulu di tahun 2000an, saya masih punya kaset CD-nya dan saya mainkan di PC dengan sistem operasi Windows XP. Saat itu, dari tahap install sampai memainkan gamenya tidak ada masalah yang berarti. Namun sejak menggunakan PC dengan sistem operasi terbaru seperti Windows 7 atau Windows 10, game ini sudah tidak kompatibel lagi saat dijalankan dengan kaset CD tersebut. Terlebih PC ataupun laptop saat ini sudah jarang sekali yang menyediakan slot untuk menjalankan CD, CD-ROM, DVD dan sejenisnya.

Maka dari itu, saya mencoba untuk mengunduh kembali game ini untuk versi digitalnya di situs lain yang kompatibel untuk sistem operasi Windows terkini. Yang pasti bukan di Steam. Untuk metode penginstalannya sendiri agak berbeda dengan yang versi CD. Untuk versi yang kompatibel dengan Windows 7 dan versi terkini dari Windows ini, diperlukan penginstalan komponen tambahan yaitu nGlide untuk bisa memainkan game yang mendukung fungsi-fungsi tertentu pada game lawas. Adapun komponen nGlide tersebut sudah tergabung dalam proses instalasi game ini selain base game-nya.

Gameplay

FIFA Road to World Cup 98 play mode
Jenis gameplay yang bisa dimainkan pada game ini

Sesuai dengan namanya, gameplay pada game ini menitikberatkan pada permainan tim nasional dari berbagai negara untuk bertarung menuju Piala Dunia di tahun 1998 lalu. Di game ini, kalian bisa memainkan mode “Road to World Cup 98” dan memilih tim nasional dari negara mana saja yang akan dimainkan, baik dari tahap kualifikasi, babak penyisihan grup hingga babak eliminasi. Dalam game ini, terdapat sebanyak 172 tim nasional dari berbagai negara yang bisa kalian mainkan, termasuk tim nasional Indonesia.

Selain mode tersebut, pada game ini kalian juga bisa memainkan mode “friendly” dengan memainkan sesama tim dari berbagai negara, sesama klub maupun memainkan antara tim nasional dengan klub.

Gameplay FIFA 98 Road to World Cup (YouTube: Squakenet)

Tidak hanya itu, di game ini kalian juga dapat memainkan mode “league” yaitu dengan memainkan salah satu tim klub di salah satu liga. Total ada 11 liga di game ini. Mulai dari liga Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol, Skotlandia, Swedia, Amerika Serikat, Brazil bahkan Malaysia.

Selain mode di atas, ada juga mode “training” atau latihan yang bisa kalian mainkan dengan menggunakan tim manapun. Di mode ini, kalian bisa memainkan berbagai mode latihan, baik latihan biasa, corner kick, free kick, hingga tendangan pinalti. Terakhir ada juga mode “penalty shootout” yaitu mode adu pinalti dengan menggunakan tim manapun yang kalian pilih.

Tampilan Grafis

Timnas Indonesia di game FIFA Road to World Cup 98

Dari segi tampilan grafis, game ini bisa dikatakan sebagai game sepakbola yang memliki tampilan grafis terbaik dimasanya (tahun 1997-1998). Jika dibandingkan dengan game sepakbola lainnya yang dirilis di tahun yang sama, bisa dibilang jika game ini masih unggul dalam hal tampilan grafisnya. Karena saat itu memang belum banyak game sepakbola yang dirilis untuk platform PC. Kalau dibandingkan dengan game sepakbola buatan Konami yaitu Winning Eleven/Pro Evolution Soccer (PES) yang saat itu masih menggunakan nama International Superstar Soccer (ISS), tentu saja tidak apple to apple karena game sepakbola buatan Konami saat itu masih diperuntukkan untuk platform konsol yang berbeda yaitu Nintendo 64.

Musik

Theme song dari game FIFA RTWC 98. Channel Youtube: Blur

Bukan game FIFA namanya jika tidak disertai dengan kumpulan soundtrack atau OST yang terkenal dan ikonik dari grup musik ternama. Di game ini, theme song utama yang digunakan yaitu “Song 2” yang dibawakan oleh band rock asal Inggris, Blur. Selain lagu tersebut, soundtrack lainnya yang ada dalam game ini diantaranya yaitu “More”, “Now Is the Time”, “Keep Hope Alive” dan “Busy Child” yang keempatnya dibawakan oleh The Crystal Method.

Keunikan Game Ini

Sebagaimana yang sudah sempat saya katakan di awal, game FIFA Road to World Cup 98 ini memiliki beberapa keunikan.

Skuad Timnas Indonesia di FIFA Road to World Cup 98
Timnas Indonesia di game FIFA Road to World Cup 98

Keunikan yang pertama adalah kalian bisa memainkan tim nasional (Timnas) Indonesia di game ini! Iya, kalian tidak salah baca. Timnas Indonesia yang ada di game ini memang playable. Kalian bisa memainkan Timnas Indonesia di berbagai mode yang ada di game ini, kecuali mode “league”. Dan mungkin saya bisa klaim bahwa game ini menjadi game PC sepakbola pertama yang bisa memainkan Timnas Indonesia secara langsung.

Ketika Indonesia lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya (dalam game)
Akhirnya Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia! (tapi dalam game wkwk)

Akan tetapi karena game ini keluaran tahun 1997, maka sudah pasti pemain Timnas Indonesia yang ada di game ini juga merupakan starting line-up Timnas saat tahun 1997 yang lalu. Yang jelas belum ada nama Bambang Pamungkas pada game ini di Timnas Indonesia. Adapun pemain-pemain Timnas Indonesia yang ada di game ini diantaranya yaitu Hendro Kartiko, Nur Alim, Iriyanto, Peri Sandria, Rochi Putiray, Kurniawan Dwi Yulianto, Ansyari Lubis dan lain-lain. Mungkin kalian yang termasuk generasi 90an lebih mengenal nama-nama pemain Timnas tersebut.

Liga Malaysia di game FIFA Road to World Cup 98
Liga Malaysia di game FIFA Road to World Cup 98

Keunikan yang kedua yaitu adanya Liga Malaysia beserta dengan klub sepak bola dari Malaysia yang tentunya juga playable. Untuk bisa memainkannya, kalian bisa menggunakan mode “league“. Bagi saya ini menarik sekali karena biasanya liga di Asia yang biasanya sering masuk ke game sepakbola ternama adalah liga Korea atau Jepang.

FIFA Road to World Cup 98 Gameplay, indoor match between Barcelona vs Real Madrid
Pertandingan di lapangan indoor

Dan keunikan yang ketiga dari game ini adalah kalian juga bisa memainkan suatu pertandingan di lapangan indoor seperti pada gambar di atas. Sekilas memang mirip futsal tapi tendangan penjuru (corner kick) tidak berlaku jika dimainkan di lapangan indoor ini. Dan uniknya lapangan indoor ini dikelilingi oleh kaca. Sehingga jika kalian mencoba untuk mengarahkan bola ke sisi luar, maka bola tersebut akan mantul kembali ke arah berlawanan. Akan tetapi lapangan indoor ini hanya bisa digunakan pada mode “friendly match” saja.

Nah itulah review saya untuk game jadul FIFA Road to World Cup 98 ini. Mungkin ada dari kalian yang dulu pernah memainkan game ini? Jika pernah main game yang satu ini mungkin bisa komentar di kolom komentar ya!

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/FIFA:_Road_to_World_Cup_98
https://archive.org/details/fifa-road-to-world-cup-98

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top