Proyek DDT Stasiun Manggarai (2021)

Progres dari proyek jalur layang stasiun Manggarai yang saat ini masih berlangsung mulai terlihat begitu masif dan cepat. Pada Oktober 2021 lalu telah dilakukan penutupan jalur 4 dan 5 dari stasiun Manggarai. Kini di pertengahan November 2021 tengah dilakukan proses pembongkaran peron jalur 5, pembongkaran kanopi di jalur 5, dan sebagainya. Selain itu, pengerjaan konstruksi di beberapa titik yang tak jauh dari stasiun Manggarai juga mulai dilakukan setiap harinya.

Saya rasa tidak ada salahnya untuk mengabadikan potret stasiun Manggarai saat ini karena dalam beberapa waktu yang akan datang, entah beberapa bulan kemudian atau dua tahun kemudian, wajah dari stasiun Manggarai ini tidak akan pernah sama lagi.

Baca juga: Yang Baru di Stasiun Manggarai: Jalur Layang dan Plaza Stasiun Manggarai

Progres proyek jalur layang stasiun Manggarai
Terlihat sudah ada pemasangan box girder di bagian jalur layang.

Untuk percabangan jalur layang yang berada di sisi tenggara stasiun Manggarai menuju stasiun Matraman, sekilas memang belum terlihat perkembangan yang signifikan. Namun pada foto di atas sudah mulai terlihat dilakukannya pemasangan box girder yang merupakan bagian utama dari jalur layang ini. Dari foto tersebut juga terlihat adanya kenaikan elevasi dari jalur layang dibandingkan dengan jalur bawah yang operasional saat ini jika melihat dari struktur fondasi yang sudah dibangun. Di titik tersebut, jalur layang ini mulai menanjak menuju ke jalur layang stasiun Manggarai.

Progres proyek jalur layang stasiun Manggarai
Rel jalur 4 di Stasiun Manggarai sudah dibongkar.

Setelah dilakukan penutupan jalur 4 dan 5 dari stasiun Manggarai beberapa waktu yang lalu, progres konstruksi selanjutnya yaitu pencabutan dan pembongkaran rel beserta bantalan rel di jalur 4 dan 5. Dari foto di atas, masih terlihat bekas bantalan rel di jalur 4 yang dulunya terpasang di batu ballast. Diperkirakan jalur 4 yang baru nanti akan mengalami pergeseran dibandingkan jalur 4 yang lama, sehubungan dengan dibangunnya fondasi utama dari jalur layang di stasiun Manggarai ini.

Pembongkaran peron jalur 5 stasiun Manggarai
Ekskavator yang tengah melakukan pembongkaran peron dan underpass di jalur 5.

Masifnya proyek ini terlihat jelas saat berada di area peron jalur 4 dan 5 dari stasiun Manggarai ini. Pada foto di atas, terlihat jelas sebagian besar peron di jalur 5 sudah dibongkar dan rata dengan tanah. Begitupula dengan rel dan bantalannya yang sudah dibongkar dan dilepas. Saat saya kesana, terlihat ada ekskavator yang sepertinya tengah membongkar underpass yang biasanya menjadi tempat untuk berpindah dan transit ke peron lain.

Bicara soal underpass di stasiun Manggarai, saat ini akses underpass hanya dapat digunakan untuk KRL yang ada di jalur 1, 2 dan 3. Akses underpass ke jalur 5 sudah ditutup sehubungan dengan telah dibongkarnya akses ke peron 5 serta peron 5 itu sendiri.

Terlihat pula ada struktur fondasi yang sepertinya sudah dibangun sejak lama. Selanjutnya akan dilakukan pengecoran dari fondasi tersebut jika proses pembongkaran peron jalur 5 sudah sepenuhnya selesai.

Progres proyek jalur layang stasiun Manggarai
Sudah tidak ada lagi rel di jalur 4 dan 5 dari stasiun Manggarai saat ini.

Saat ini peron jalur 4 dari stasiun Manggarai sudah ditutup dengan pagar pembatas proyek. Sudah tidak ada lagi rel, bantalan serta ballast di jalur 4 dan 5. Begitu pula dengan kabel listrik aliran atas (LAA) di jalur 4 dan 5, saat ini sudah dilepas.

Pembongkaran peron jalur 5 stasiun Manggarai
Pekerja tengah melakukan proses pembongkaran kanopi di sisi selatan peron jalur 5 stasiun Manggarai.

Pada foto di atas, terlihat aktivitas pekerja proyek yang sedang melakukan proses pembongkaran dari kerangka kanopi peron jalur 5. Setelah pembongkaran kanopi selesai, selanjutnya dilanjutkan dengan pembongkaran dari peron jalur 5 tersebut.

Pembongkaran peron jalur 5 stasiun Manggarai
Aktivitas pembongkaran kanopi peron jalur 5 stasiun Manggarai, diambil dari area peron 6.

Jika pembongkaran peron jalur 5 sudah selesai, nantinya di jalur 4 disebelahnya juga akan dilakukan pembongkaran peron beserta dengan kanopi, serupa dengan yang dilakukan di jalur 5 saat ini.

Sementara itu di sisi selatan dari stasiun Manggarai, progres dari proyek jalur layang stasiun Manggarai ini mulai mencakup konstruksi fondasi yang menjadi bagian utama untuk struktur dan bangunan jalur layang ini seperti yang terlihat pada beberapa foto di bawah ini.

Terdapat percabangan rel dan sepur badug yang belum diketahui peruntukkannya.
Alat berat dan batangan rel yang sudah dicabut. Terlihat pula struktur konstruksi fondasi yang sudah dibangun.
Terlihat terdapat kerangka fondasi yang sudah dibangun dan siap untuk dilakukan pengecoran dalam waktu dekat.

About Author

By Alviansyah K.

Seorang PNS dengan MBTI ISTJ-T. Railways and public transport enthusiast. Suka jalan-jalan, kulineran, ngopi.

Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca