Beranda » City Development » Progres Jalur Layang Manggarai: Underpass dan Sebagian Peron Ditutup, Struktur Bangunan Mulai Terlihat

Progres Jalur Layang Manggarai: Underpass dan Sebagian Peron Ditutup, Struktur Bangunan Mulai Terlihat

Proyek DDT Stasiun Manggarai (2021)

Di bulan Desember 2021 ini, progres dari proyek konstruksi jalur layang stasiun Manggarai masih berjalan seperti biasa. Beberapa bagian struktur jalur layang yang saat ini sedang dibangun mulai terlihat secara bertahap, khususnya di sisi selatan dan tenggara dari stasiun Manggarai. Di sisi selatan stasiun Manggarai, saat ini sedang dilakukan pembangunan fondasi dan pilar utama dari lintasan jalur layang kereta api. Beberapa diantaranya sudah dibangun dan sisanya masih dalam proses pengecoran.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada slideshow gambar di bawah ini.

Proyek DDT dan jalur layang stasiun Manggarai
Proyek DDT dan jalur layang stasiun Manggarai

Kerangka dari tiang calon jalur layang tersebut nantinya akan dibuatkan jalur layang yang letaknya tidak jauh dari jalur layang yang saat ini sudah operasional. Nantinya jalur layang yang akan dibangun ini akan menyeberangi jalur kereta bawah dari Jatinegara dan Tebet yang masih eksisting dan operasional saat ini.

Adapun di stasiun Manggarai saat ini juga telah dilakukan beberapa penyesuaian sehubungan dengan adanya konstruksi ini. Setelah sebelumnya peron jalur 5 ditutup, kini giliran peron jalur 3 dan 4 yang dilakukan penutupan total. Maka secara otomatis peron jalur 3 tidak dapat digunakan oleh penumpang untuk sementara waktu. Adapun kanopi di peron jalur 3 dan 4 sudah mulai dilakukan pembongkaran yang diperkirakan selesai pada pertengahan Desember ini. Setelah pembongkaran kanopi selesai, maka selanjutnya akan dilakukan pembongkaran peron jalur 3 dan 4, serupa dengan yang dilakukan pada peron jalur 5 di tahap sebelumnya.

Untuk KRL yang berhenti di jalur 3 stasiun Manggarai yang biasanya pintu dibuka di kedua sisi, semenjak adanya proyek ini maka KRL hanya dibuka di satu sisi saja yaitu di sisi peron jalur 2. Hal ini dilakukan mengingat peron jalur 3 seluruhnya sudah ditutupi oleh seng pembatas area proyek.

Area underpass stasiun Manggarai yang sudah ditutup total. (maaf jika gambarnya blur…)

Salah satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa saat ini underpass stasiun Manggarai yang biasa digunakan untuk menyeberang antar peron kini sudah ditutup total. Sehingga penyeberangan penumpang saat ini hanya bisa dilakukan melalui penyeberangan sebidang di sisi selatan (tak jauh dari pintu masuk dan keluar timur stasiun Manggarai) dan di sisi utara (dekat Alfamart). *Update 22 Desember 2021, penyeberangan sebidang di stasiun Manggarai di sisi tengah (dekat Alfamart) sudah ditutup total dan digeser sedikit jauh ke sisi lebih utara lagi, tak jauh dari toilet.

Melihat kondisi seperti ini maka yang paling terdampak dari adanya proyek ini adalah penumpang Commuter Line dari jalur Bekasi/Cikarang yang ingin berpindah jalur ke arah Tanah Abang, Bogor atau Depok. Selain itu perjalanan Commuter Line khususnya jalur Bekasi/Cikarang juga akan semakin terhambat karena KRL Commuter Line dari Bekasi/Cikarang ini terpaksa harus mengalah dengan kereta api jarak jauh (KAJJ) saat melintasi stasiun Manggarai. Hal ini juga diperparah dengan adanya proses re-layouting atau penyesuaian dari jalur rel yang ada di stasiun Jatinegara.

Dari progres pengerjaan yang saat ini sedang berlangsung, diperkirakan untuk sementara waktu pengerjaan jalur layang akan berfokus pada area di jalur 5 terlebih dahulu secara bertahap. Dan jalur 1, 2 dan 3 dari stasiun Manggarai untuk sementara akan masih digunakan dan belum ada tanda-tanda penutupan di jalur tersebut.

About Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!

Eksplorasi konten lain dari Jurnal Blog Alviansyah

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

Scroll to Top